Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kendari

1 Ton Sampah Diangkut dari Teluk Kendari per Hari, DLHK Prediksi Lebih Banyak

1 Ton Sampah Diangkut dari Teluk Kendari per Hari, DLHK Prediksi Lebih Banyak
Kondisi sampah di sekitar Teluk Kendari tepatnya di area Kendari Water Sport. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (17/9/2022).

Kendari – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari mencatat jumlah sampah yang mereka angkut dari Teluk Kendari mencapai 1000 kilogram atau 1 ton per hari. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLHK Kota Kendari, Prayitno saat ditemui awak media, Selasa (23/11/2022).

“Saat ini kondisi cuaca sedang hujan, meskipun tidak intensif ya, jumlah sampah masih tetap sekitar 1 ton lebih lah per hari,” katanya.

Prayitno menambahkan, jumlah sampah tersebut hanya kapasitas yang bisa mereka kerjakan. Sementara untuk jumlah sampah harian di keseluruhan area Teluk Kendari, DLHK memprediksi lebih banyak lagi.

“Banyak ya, kalau sekitar 10 ton ada, tetapi tim kami yang terbatas, membuat pekerjaan kami per wilayah-wilayah, tidak menetap,” tambahnya.

Prayitno menjelaskan bahwa penanganan sampah di laut berbeda seperti sampah di daratan. Di laut penanganan sampah harus melihat kondisi naik dan turunnya air laut.

“Jika airnya naik maka kami tidak maksimal, tetapi jika airnya turun biasanya kami ambil sampah dari laut itu sampai 1 sampai 2 ton,” jelasnya.

Terkait jumlah tenaga kebersihan, meskipun dirasa masih kurang, pihak DLHK Kendari mencoba memaksimalkan semua anggota yang dimiliki untuk bahu membahu membersihkan wilayah Teluk Kendari.

“Kalau dihitung dari produksi sampah, terus terang (anggota) masih kurang, tapi dengan tenaga yang ada kami coba maksimalkan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Lagu Ciptaan ASN asal Kolaka Dinyanyikan Juara KDI Season 1

Prayitno meminta kepada masyarakat, agar memiliki kesadaran dengan tidak membuang sampah sembarangan, baik itu darat maupun di laut. Olehnya Ia mengajak peran serta berbagai pihak untuk terus menjaga kebersihan lingkungan.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten