Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Baubau

Video: Fenomena Langka di Baubau, Ikan-Ikan Muncul di Permukaan Sungai

Video: Fenomena Langka di Baubau, Ikan-Ikan Muncul di Permukaan Sungai
Sungai yang berada di bawah jembatan Nganganaumala. Foto: Istimewa. (14/1/2021).

Baubau – Fenomena langka terjadi di Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau hari ini, Kamis (14/1/2021).

Visit the Princess

Ribuan ikan muncul di atas permukaan air sungai yang berada di bawah Jembatan Nganganaumala.

Sontak, kejadian ini menghebohkan warga sekitar. Ikan-ikan tersebut menjadi tontonan penduduk dari atas jembatan sehingga membuat jalan tersebut menjadi macet. Tidak sedikit pengendara yang singgah dan ikut menyaksikan fenomena ini.

Bukan hanya menyaksikan, warga juga antusias mengabadikan peristiwa yang tidak biasa ini melalui telepon genggam mereka.

“Huu.. banyaknya ikan,” ucap salah satu warga sambil merekam video.

Peristiwa langkah ini pun dimanfaatkan oleh warga sekitar. Sejumlah warga datang memanen ikan tersebut dengan menggunakan alat seadanya yang dibawa dari rumah. Seperti keranjang, jaring, dan ember.

WallDecor"

Melansir Tribunnews.com, dijelaskan oleh Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono, terkait pada fenomena naiknya ikan ke permukaan.

Peristiwa ini dikarenakan dinamika populasi ikan ada kaitannya dengan musim. Serta merujuk pada fenomena upwelling dalam Teori Oseanografi yang menyebutkan pengangkatan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir.

Dari NationalOceanographic.com, upwelling merupakan naiknya massa air di lapisan bawah ke permukaan. Naiknya massa air dikarenakan adanya angin yang bergerak di atas perairan sehingga angin ini akan mendorong massa air di permukaan. Semakin terdorongnya massa air di permukaan ini maka akan terjadi kekosongan sehingga kekosongan inilah yang kemudian diisi oleh massa air yang berada di lapisan bawahnya.

Ketika terjadinya upwelling dan lapisan thermocline naik, maka karakteristik perairan di permukaan pun akan berubah. Jika pada umumnya karakteristik perairan di permukaan memiliki suhu yang hangat, maka saat terjadi upwelling suhu permukaan laut akan lebih dingin (turun sekitar 2 derajat celcius di daerah tropis) dari biasanya, salinitas juga bisa mencapai 34 ppt, perairan permukaan juga akan kaya dengan nutrien serta plankton-plankton. Keberadaan plankton yang banyak ini juga menjadi faktor akan banyaknya ikan yang nantinya berkumpul di perairan.

Laporan: FI

Visit the GAP

Baca Juga:  Pasien Ditandu Lewati Jembatan Rusak di Buton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten