Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kendari

Hasil Audit BPK, Pemprov Sultra Bermasalah Soal Pengelolaan Anggaran

Hasil Audit BPK, Pemprov Sultra Bermasalah Soal Pengelolaan Anggaran
Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi. Foto: Eka/Kendariinfo. (4/6/2021).

Kendari – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) menemukan sejumlah masalah terkait pengelolaan anggaran pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Visit the Princess

Pertama, klasifikasi belanja barang dan jasa serta belanja modal tidak tepat. Kedua, penetapan harga kontrak pengadaan belanja barang medis habis pakai dan obat-obatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra tidak sesuai ketentuan.

Ketiga, penetapan status Perusahaan Daerah (PD) Percetakan Sultra yang sudah tidak beroperasi sejak tahun 2017 dibiarkan berlarut-larut. Keempat, penetapan dasar pengadaan dan penetapan tarif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tidak dilaksanakan secara akurat. Kelima, pendataan objek dan subjek PKB serta BBNKB belum memadai.

Hasil temuan itu disampaikan Auditor BPK RI Sultra, Laode Nusriadi saat penyerahan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan tahun anggaran 2020 di Gedung DPRD Sultra, Jumat (4/6/2021).

Dia mengatakan, meski masalah tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap sajian laporan keuangan, namun BPK berharap agar Pemprov Sultra segera melakukan perbaikan.

“Meskipun permasalahan tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap sajian laporan keuangan pemda, namun hendaknya menjadi perhatian bagi Pemerintah Sultra,” katanya.

WallDecor"

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Ali Mazi mengaku akan segera menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Ini nanti. Kita akan rapat kembali bersama OPD yang ditugaskan. Nanti kami undang untuk meningkatkan kinerjanya. Kami akan berusaha ke depan akan melakukan perbaikan-perbaikan dengan arahan dari BPK,” pungkasnya.

Laporan: Eka
Editor: Risman

Visit the Vaporsix

Baca Juga:  Gelapkan Paket COD, 3 Karyawan Ninja Xpress Kendari Diciduk Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten