Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Nasional

Jawab Tudingan DPR ‘Indonesia Tak Dapat Kuota Haji’, Arab Saudi: Tidak Benar

Jawab Tudingan DPR ‘Indonesia Tak Dapat Kuota Haji’, Arab Saudi: Tidak Benar
Isi surat Kedubes Arab Saudi kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani. Foto: Istimewa.

Nasional – Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi untuk Indonesia mengirimkan surat yang ditujukan kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani untuk menanggapi berbagai pernyataan terkait haji 2021.

Visit the Princess

Dalam surat tertanggal Kamis (3/6/2021) tersebut, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi mengklarifikasi pernyataan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily yang menyebut Indonesia tidak mendapat kuota haji tahun ini.

Menurut Essam, pihak Kerjaan Arab Saudi hinga kini belum mengeluarkan instruksi apapun berkaitan dengan pelaksanaan haji tahun ini.

“Bersama ini saya ingin memberitahukan kepada yang mulia bahwa merujuk pada pemberitaan yang beredar yang telah disampaikan oleh sejumlah media massa serta media sosial di Republik Indonesia,” buka Essam dalam surat tersebut.

“Otoritas yang berkompeten di Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum mengeluarkan instruksi apapun berkaitan dengan pelaksanaan haji tahun ini, baik bagi para jamaah haji Indonesia atau bagi para jamaah haji lainnya dari seluruh negara di dunia,” lanjutnya.

Dia juga dengan tegas menampik pernyataan terkait Indonesia tidak mendapat kuota haji tahun ini merupakan berita yang tidak benar.

WallDecor"

“Dalam kaitan ini, saya ingin memberitahukan kepada yang mulai bahwa berita-berita tersebut tidaklah benar dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi,” Jelas Essam.

Di akhir, Essam berpesan kepada para anggota dewan tersebut untuk berkomunikasi terlebih dahulu agar mendapatkan fakta yang sebenarnya.

“Seraya saya berharap agar kiranya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kedutaan atau otoritas resmi lainnya, baik di Kerajaan Arab Saudi atau di Indonesia, guna memperoleh informasi dari sumber-sumber yang benar dapat dipercaya,” tutup Esam dalam surat itu.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia resmi memutuskan batalkan pemberangkatan jemaah Indonesia untuk haji 2021 dengan alasan mengutamakan keamanan jemaah di tengah wabah Covid-19.

Yang kemudian ditanggapi oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily dengan pernyataan mengenai Indonesia tak mendapat kuota haji dari Arab Saudi.

Laporan: Rafli

Visit the Vaporsix

Baca Juga:  BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Sinovac

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten