Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Baubau

Kantor Layanan Haji Dibangun di Baubau, Jemaah Bisa Daftar Online

Kantor Layanan Haji Dibangun di Baubau, Jemaah Bisa Daftar Online
Proses peletakan batu Kantor PLHUT Baubau. Foto: Istimewa. (5/6/2021)

BaubauKementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai membangun gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ditandai dengan peletakan batu pertama, Sabtu (5/6/2021).

Visit the Princess

Pembangunan infrastruktur PLHUT ini bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang juga dipergunakan untuk pembangunan kantor layanan haji dan umrah di wilayah Kabupaten Bombana dan Wakatobi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Baubau, AS Tamrin, serta Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kemenag RI, Mohamad Ali Irfan bersama Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ali Rokhmad dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, Fesal Musaad.

Nantinya, kantor PLHUT ini bakal dilengkapi fasilitas pelayanan pendaftaran berbasis online atau disebut dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

“Siskohat nanti di situ, orang mendaftar, pembayaran BPIH, berfoto, dan ada gerai bank disediakan. Nah, di lantai dua disediakan untuk kegiatan manasik haji,” jelas Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ali Rokhmad.

Sebagai bentuk tanggung jawab sekaligus sinergitas pemerintah pusat dan daerah, Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengatakan bahwa pembangunan kantor pelayanan ibadah ini diharapkan dapat mempermudah pelayanan urusan keagamaan.

WallDecor"

“Kita berkumpul di sini ada pemerintah daerah dan ada pula pejabat pusat dan yang lainnya. Semoga pembangunan pusat layanan haji dapat memberikan peningkatan layanan haji dan umrah sekaligus menjadi amal ibadah bagi kita semua,” katanya.

Sementara, Ali Rokhmad juga mengharapkan agar segala tahapan yang berkaitan dengan ibadah haji maupun umrah dapat dilakukan di gedung yang mulai dibangun tersebut.

“Dengan dibangunnya pusat layanan, diharapkan mulai dari pendaftaran, pembatalan, dan manasik haji sampai rekomendasi umrah bagi jemaah di tingkat kabupaten/kota semuanya akan dilakukan di gedung ini. Layanan ini bisa terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” harapnya.

Laporan: Fera

Visit the Vaporsix

Baca Juga:  Lomba Pungut Sampah di Laut, Cara Inovatif Pemkot Kendari Peringati Hari Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten