Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Nasional

Resmi Hentikan Sinetron ‘Zahra’, KPI: Evaluasi dan Tuntutan Publik

Resmi Hentikan Sinetron ‘Zahra’, KPI: Evaluasi dan Tuntutan Publik
Cuplikan layar sinetron Suara Hati Istri: Zahra. Foto: Tangkapan layar YouTube Indosiar.

Nasional – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) resmi menghentikan sementara penayangan sinetron Suara Hati Istri: Zahra setelah viralnya berbagai kontroversi dari sinetron ini.

Visit the Princess

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo dalam pertemuan antara KPI dengan Indosiar dan Mega Kreasi Film selaku rumah produksi dari sinetron ini, Kamis (3/6/2021).

Dalam rilis KPI (4/6), pertemuan tersebut adalah hasil tindak lanjut pemantauan dan pengaduan masyrakat terhadap sinetron kontroversial tersebut.

Komisioner KPI Bidang Kelembagaan, Nuning Rodiyah mengatakan penghentian ini sebagai evaluasi akibat adanya tuntutan publik mengenai sinetron ini.

“Adanya tuntutan publik agar sinetron ini dihentikan. Namun KPI sendiri berkepentingan untuk menjernihkan masalah ini agar tindakan yang diambil sesuai dengan kewenangan dan juga berdasarkan regulasi yang ada,” jelas Nuning.

Sinetron ini dianggap melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI 2012.

WallDecor"

Evaluasi yang dilakukan KPI di antaranya mencakup jalan cerita dan kesesuaiannya dengan klasifikasi program siaran yang telah ditentukan yaitu R serta penggunaan artis yang masih berusia 15 tahun untuk berperan sebagai istri ketiga.

Seperti diketahui sinetron Suara Hati Istri: Zahra menjadi viral di media sosial, setelah menampilkan adegan suami istri yang melibatkan pemeran Zahra dalam sinetron itu Lea Ciarachel yang masih berusia 15 tahun.

Hal ini dinilai publik tidak pantas karena mengampanyekan pedofilia. Sejumlah aduanpun telah diterima KPI untuk menindaklanjutinya.

Laporan: Rafli

Visit the Vaporsix

Baca Juga:  Masyarakat Buton Kembali Tuntut Pemekaran Provinsi Kepton dari Sultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten