Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Bisnis

Ramah Lingkungan, Konsumsi Pertalite di Kendari Naik 89,1%

Ramah Lingkungan, Konsumsi Pertalite di Kendari Naik 89,1%
Proses jual-beli BBM di salah satu Pertamina di Kota Kendari. Foto: Istimewa. (6/6/2021).

Kendari – Dalam masa Program Langit Biru (PLB) oleh PT Pertamina Regional Sulawesi, mencatat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dari tiga jenis BBM yang dikategorikan ramah lingkungan, mengalami kenaikan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Visit the Princess

Sejak diluncurkannya program ini, tercatat dalam dua bulan terakhir, konsumsi BBM ramah lingkungan di Kota Kendari telah berada pada proporsi 91,7% dari total BBM jenis Gasoline atau Bensin yang dikonsumsi oleh pengguna kendaraan. Sedangkan, perbandingan konsumsi Premium menurun dengan persentase hanya 8,3%, dari sebelumnya sekitar 27%.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengungkapkan, konsumsi BBM ramah lingkungan tertinggi saat ini yang dikonsumsi oleh masyarakat Kota Kendari adalah Pertalite dengan angka proporsi 89,1% dibandingkan total Gasoline yang digunakan masyarakat. 

Persentase proporsi konsumsi BBM Gasoline di Kota Kendari.
Persentase proporsi konsumsi BBM Gasoline di Kota Kendari. Foto: Istimewa. Minggu (6/6/2021).

“Penerimaan masyarakat terhadap PLB sangat luar biasa. Sebelum diterapkan PLB, konsumsi BBM berkualitas dan ramah lingkungan di Kendari memang sudah tinggi dengan proporsi 72,4%. Sekarang proporsi penggunaan BBM ramah lingkungan di Kendari terus meningkat,” ungkap Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali, Minggu (6/6/2021).

Perlu diketahui, PLB merupakan program yang bertujuan untuk mencegah pencemaran udara dari sumber tidak bergerak maupun sumber bergerak seperti kendaraan bermotor. Olehnya itu, untuk mendukung PLB, pengguna kendaraan bermotor sangat disarankan untuk menggunakan jenis BBM yang ramah lingkungan.

Adapun jenis BBM ramah lingkungan yakni Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo. Pelaksanaan PLB oleh PT Pertamina merupakan edukasi kepada masyarakat agar menggunakan BBM yang berangka Research Octane Number (RON) 90 yang dimiliki Pertalite.

WallDecor"

Sebab jenis BBM berkualitas memiliki kadar oktan tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Bahkan, pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil-mobil keluaran 2000-an ke atas menggunakan BBM minimal sekelas Pertalite.

“Kami mengimbau masyarakat mengecek buku manual kendaraan masing-masing dan mencari nilai kompresi mesin kendaraannya. Rekomendasi BBM yang digunakan sesuai kompresi untuk motor biasanya tertulis pada tangki Bensin, sedangkan untuk mobil biasanya tertulis pada kaca belakang. Rata-rata kendaraan keluaran 2003 ke atas sudah memiliki kompresi mesin dengan standar BBM minimal oktan 90,” katanya.

Laporan: Fera

Visit the Vaporsix

Baca Juga:  Pemkot Kendari Kembali Raih Predikat WTP ke-8 Kali dari BPK RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten