Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Berantas Buta Aksara Al-Qur’an, Kelompok PKM UHO Ciptakan Inovasi Flash Card

Berantas Buta Aksara Al-Qur’an, Kelompok PKM UHO Ciptakan Inovasi Flash Card
Simulasi pengajaran menggunakan media flash card. Foto: Yusrin/Kendariinfo. (7/6/2021).

Kendari – Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pogram Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Halu Oleo (UHO) menciptakan sebuah inovasi flash card dilengkapi audio yang digunakan untuk mengenal huruf hijaiah dalam Al-Qur’an.

Visit the Princess

Ketua Kelompok PKM-PM, Hakiki Ernawati mengatakan, program flash card dengan audio ini merupakan kebutuhan masyarakat khususnya di Kelurahan Matabubu dalam proses belajar Al-Qur’an.

“Program yang kami buat menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, Kelurahan Matabubu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari,” katanya.

Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) UHO beserta pengurus TPQ Kelurahan Matabubu. Foto: Yusrin/Kendariinfo. (7/6/2021).
Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) UHO beserta pengurus TPQ Kelurahan Matabubu. Foto: Yusrin/Kendariinfo. (7/6/2021).

Berangkat dari kebutuhan tersebut, Kiki beserta dengan keempat kawannya menciptakan media flash card tersebut dan digunakan untuk belajar sambil bermain.

“Media yang kami gunakan flash card bergambar huruf hijaiah, dan metode kami juga dilengkapi dengan audio yang dapat digunakan untuk belajar sambil bermain,” ungkapnya.

Menurutnya, metode tersebut dapat meningkatkan minat belajar anak dalam mengenal huruf-huruf Al-Qur’an.

WallDecor"

“Saat belajar mengaji, anak-anak hanya melakukannya bersama guru (pengajar), tidak lagi dilakukan di rumah, dan terkadang usai belajar, seminggu kemudian mereka lupa dengan apa yang diajarkan gurunya, makanya kami ciptakan media ini” jelasnya.

Sementara itu, Pembina Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Kelurahan Matabubu, Iksan mengapresiasi inovasi ciptaan mahasiswa tersebut.

“Ya, tentunya kami sangat mengapresiasi inovasi terbaru tersebut, semoga media ini dapat membantu kami untuk memberantas buta aksara arab di Kelurahan Matabubu ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kelompok PKM-PM tersebut terdiri atas ketua kelompok Hakiki Ernawati (Pendidikan Fisika UHO angkatan 2018), Marisa Dwi Adiningsih (Pendidikan Fisika 2018), Andriano (Pendidikan Bahasa Inggris 2018), Budi Santoso (Pendidikan Kimia 2019), serta Tiara Dian Nusantari (Pendidikan Kimia 2020).

Program flash card ini masih dalam masa pengembangan dan segala informasi terkait pengembangan program tersebut bisa dilihat di akun instagram @matabubu.flashcard.

Laporan: Yusrin
Editor: Rafli

Visit the Vaporsix
Baca Juga:  PT. Pertamina Lubricants Gelar Bukber dan Edukasi Pelumas Mobil Ramah Lingkungan di Kendari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten