Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Novel Romantis Kekang, Karya Mahasiswa UNAS Jakarta Asal Muna

Novel Romantis Kekang, Karya Mahasiswa UNAS Jakarta Asal Muna
Sampul novel Kekang, karya Abdul Razak Amin Ode. Foto: Dok. Haura Publishing. (24/5/2021).

MunaMahasiswa asal Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Nasional (UNAS) Jakarta, Abdul Razak Amin Ode memperkenalkan novel perdananya berjudul Kekang, Sabtu (5/6/2021).

Visit the Princess

Razak mengatakan, novel itu sebenarnya telah diterbitkan Haura Publishing sejak bulan Mei 2021. Namun baru sampai di tangan Razak Jumat (4/6) kemarin.

“Sebenarnya sudah terbit sejak bulan Mei kemarin. Tapi baru saya terima hari Jumat kemarin,” katanya, Minggu (6/6).

Razak menceritakan, novel Kekang diperankan dua tokoh bernama Camelo Deven Aksara alias Aksa dan Adinda Yayu Arunika alias Yayu. Kisah mereka berawal dari perjodohan yang dilakukan oleh orang tua Yayu. 

Namun saat Aksa menyatakan cinta pada Yayu, muncul orang ketiga bernama Ahmad. Yang tidak lain adalah kekasih Yayu sejak kelas 12 SMA.

“Terjadi konflik saat kedua belah pihak dipertemukan. Di situ Aksa menyadari bahwa Yayu tidak sepenuhnya menjawab iya karena cinta. Tapi karena pengekangan dari orang tuanya. Akhirnya Aksa memaksa Yayu untuk mengakui itu. Sehingga mereka sampai pada kesimpulan untuk berkata tidak untuk perjodohan tersebut,” ujarnya.

WallDecor"

“Yayu kemudian kembali pada kekasihnya, kebahagiaannya, juga teman hidupnya. Sementara Aksa pergi lalu meratap pada penyesalannya. Itulah cinta. Ruwet dan cenderung sulit didefinisikan,” sambung Razak.

Dia mengungkapkan, untuk menyelesaikan novel tersebut, membutuhkan waktu enam bulan. Menurutnya, hambatan dalam penulisan hanya soal pembagian waktu kuliah dan kegiatan di luar kampus.

“Kurang konsisten saja. Ya, karena banyak kegiatan juga kan,” ungkapnya.

Mahasiswa UNAS Jakarta asal Muna

Razak merupakan mahasiswa semester empat di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, UNAS Jakarta. Dia mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas di SDN 4 Tongkuno, SMPN 2 Tongkuno, dan SMAN 1 Gu.

Novel Kekang merupakan karya ketiga dari Razak. Sebelumnya, dia pernah menulis cerpen dan puisi dalam buku yang berbeda pada 2020 lalu.

Pria yang lahir lahir dan besar di Desa Labasa, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna itu mengaku, mulai hobi menulis sejak duduk di bangku kelas tiga SMA.

“Lewat tulisan kita dapat meluapkan kreativitas. Saya suka menulis sejak kelas tiga SMA. Kebetulan saya juga lulus di jurusan saya Sastra Indonesia. Jadi lebih fokus menulis,” pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk pemesanan novel Kekang karya Razak, bisa langsung mengunjungi akun Instagram penerbit Haura Publishing.

Laporan: Risman

Visit the Vaporsix

Baca Juga:  Yayasan Ummusshabri Kendari Mewisuda 607 Siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten