Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kendari

Haji 2021 Batal, Masa Tunggu Haji Sultra Tembus 25 Tahun

Haji 2021 Batal, Masa Tunggu Haji Sultra Tembus 25 Tahun
Ilustrasi haji. Foto: Unsplash.

Kendari – Keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) yang membatalkan pemberangkatan haji tahun ini berdampak pada masa tunggu haji di beberapa daerah di Indonesia.

Visit the Princess

Di Sulawesi Tenggara (Sultra) sendiri para jemaah haji harus menunggu hingga 25 tahun lamanya agar bisa berangkat ke Tanah Suci jika mendaftar haji mulai tahun ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kasi Bina Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sultra, La Ode Halaidi kepada Jurnalis Kendariinfo, Rabu (9/6/2021).

“Berdasarkan data Siskohat (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) per 8 Juni 2021, jumlah jemaah haji waiting list Provinsi Sultra yaitu 44.797 orang dengan masa tunggu 25 tahun,” kata Halidi.

Selain itu, kata Halidi, masa tunggu haji ini tidak hanya dipengaruhi oleh keputusan pemerintah terkait penundaan haji, tetapi ada faktor lain yang bisa menambah masa tunggu haji.

“Penambahan masa tunggu tidak hanya dipengaruhi karena penundaan, tetapi setiap tahun pendaftar jemaah haji semakin meningkat,” imbuhnya.

WallDecor"

Sementara itu, dilansir dari situs resmi haji Kemenag RI, kuota haji untuk Sultra sendiri hanya 1.984 orang setiap tahunnya, hal ini membuat jemaah harus mengantre menunggu pemberangkatan haji hingga puluhan tahun lamanya.

Jika kita melihat dari beberapa tahun terakhir, masa tunggu haji di Sultra naik hingga 3 tahun dari 2020 dan 5 tahun dari 2019.

Laporan: Rafli

Visit the GAP

Baca Juga:  Larang Santri Mudik, Menteri Yaqut: Tidak Ada Dispensasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten