Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Nasional

Setop Debat! Ini Jawaban Dubes Arab Saudi Terkait Haji 2021

Setop Debat! Ini Jawaban Dubes Arab Saudi Terkait Haji 2021
Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi (tengah) saat memberikan keterangan pers. Foto: MUI.

Nasional – Pelaksanaan ibadah haji 2021 menjadi polemik di masyarakat setelah keputusan pemerintah membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun ini.

Visit the Princess

Berbagai perdebatan muncul di masyarakat terkait pembatalan haji ini. Meski pemerintah sudah mengatakan penyebabnya adalah faktor keamanan jemaah di tengah Pandemi Covid-19, tetapi banyak masyarakat yang tidak percaya dan menduga-duga berbagai sebab pembatalan ini.

Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi akhirnya meluruskan berbagai polemik tersebut saat melakukan kunjungan di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Essam menegaskan pembatalan haji tahun ini tidak ada kaitannya dengan hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang kurang baik. Sebelumnya publik banyak menduga pembatalan ini disebabkan kegagalan diplomasi Indonesia ke Arab Saudi.

“Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara (Arab) Saudi dan Indonesia,” tegas Essam dikutip dari situs resmi MUI.

Selain itu, Essam menampik isu bahwa pembatalan ini karena Arab Saudi mewajibkan penggunaan merek vaksin khusus bagi jemaah haji.

WallDecor"

“Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” imbuhnya.

Essam menambahkan bahwa sampai saat ini, Kerajaan Arab Saudi bahkan belum mengirimkan undangan haji ke negara lain termasuk Indonesia. Hal itu diakibatkan ibadah haji tahun ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Laporan: Rafli

Visit the GAP

Baca Juga:  Sambut Bulan Berkah, Relawan Donactive Peduli Indonesia Gelar Donor Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten