Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Buton

Tipu Warga Rp370 Juta, Kadis Dukcapil Butur Ditangkap Polisi

Tipu Warga Rp370 Juta, Kadis Dukcapil Butur Ditangkap Polisi
Penangkapan Kadis Dukcapil Kabupaten Butur oleh polisi. Foto: Istimewa. (

Buton Utara – Polres Buton Utara (Butur) mengamankan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Butur, atas dugaan tindak pidana penipuan, Selasa (8/6/2021).

Visit the Princess

Pelaku diketahui berinisial AS, menipu dua orang warga dengan total kerugian mencapai Rp370 juta. Ia dilaporkan oleh salah satu korbannya berinisial ZA.

Berdasarkan rilis media, AS diduga melakukan kejahatan tersebut pada kegiatan penataan administrasi kependudukan. Kedua korban mengeluarkan sejumlah uang yang cukup besar dan dijanjikan uangnya bakal dikembalikan dengan bunga yang besar, apabila kegiatan yang mereka sepakati sudah terlaksana.

Korban pertama (ZA) menyerahkan dana sebesar Rp200 juta pada 9 Februari lalu, dengan janji pengembalian senilai Rp260 juta saat 30 April.

Sedangkan korban kedua (LM), jumlah setoran Rp170 juta pada 8 Februari dan janji pengembalian mencapai Rp231 juta saat 15 April.

“Saat itu terlapor mengajak korban untuk ikut bergabung suatu kegiatan penataan administrasi kependudukan di Kantor Capil,” tulis Kasat Reskrim Polres Butur, Iptu Sunarton dalam keterangan rilisnya.

WallDecor"

Namun setelah beberapa bulan sejak kegiatan itu disepakati, diketahui program tersebut tidak terlaksana dan sejumlah uang yang dikeluarkan oleh korban belum dikembalikan sesuai waktu yang sudah dijanjikan AS.

Atas dugaan tindak pidana tersebut, AS disangkakan pasal 378 KUHP dengan ancaman empat tahun kurungan penjara.

“Untuk saat ini pasal yang dipersangkakan yakni pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” tutupnya.

Laporan: Fera

Visit the Vaporsix

Baca Juga:  Dua Warga Konawe Kena Tipu Hingga Puluhan Juta, Pelaku Mengaku Sebagai Kapolsek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten