Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Pj. Wali Kota Buka Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran 1 Kota Kendari Tahun 2024

Pj. Wali Kota Buka Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran 1 Kota Kendari Tahun 2024
Pj. Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup saat membuka pelatihan Pemadaman Kebakaran. Foto: Istimewa. (20/8/2024).

Kendari – Pj. Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup membuka Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran 1 Kota Kendari Tahun 2024. Acara ini dilaksanakan di Aula BPMP Sultra, Selasa (20/8/2024).

Pembukaan pelatihan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pj. Wali Kota Kendari.

Muhammad Yusup dalam sambutannya mengatakan, Kota Kendari terus berkembang, bangunan gedung makin banyak dan perumahan makin padat, maka potensi terjadinya kebakaran setiap saat bisa terjadi.

Petugas Damkar Kendari yang mengikuti diklat dari Kemendagri.
Petugas Damkar Kendari yang mengikuti diklat dari Kemendagri. Foto: Istimewa.

Menurut Pj. Wali Kota Kendari, sebagai aparat pemerintah harus mengambil peran untuk memberikan rasa aman, nyaman dan bahagia kepada masyarakat Kota Kendari.

“Untuk itu, Pemerintah Kota Kendari terus mendorong peningkatan kemampuan sumber daya aparaturnya demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Pj. Wali Kota Kendari yang juga Kepala BPBD Provinsi Sultra ini mengungkapkan, ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Kendari yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri khususnya di Bidang Administrasi Kewilayahan Bencana dan Kebakaran.

“Ini sangat luar biasa, saya sangat mengapresiasi dan mendukung, kalau bisa kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setahun dua kali untuk melatih tenaga-tenaga kita dalam upaya penyelamatan kebakaran di Kota Kendari,” tambahnya.

Baca Juga:  Anak Usia 8 Tahun asal Wakatobi Hafal 30 Juz Al-Qur'an, Ini Kata Orang Tuanya
Petugas Damkar Kendari yang mengikuti diklat dari Kemendagri.
Petugas Damkar Kendari yang mengikuti diklat dari Kemendagri. Foto: Istimewa. (26/8/2024).

Ia juga mengharapkan, kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan momen ini dengan baik untuk dijadikan bekal agar bisa melakukan penyelamatan bagi warga Kota Kendari.

Di tempat yang sama, mewakili Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Greis Meirandha menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Damkar dan Penyelamatan yang telah menginisiasi dan mengalokasikan anggaran dalam rangka penyelenggaraan pelatihan ini.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara, mudah-mudahan kabupaten/kota lainnya bisa mengikuti,” ucapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Kendari Satriawan Abu Yasid mengungkapkan, sebanyak 50 peserta mengikuti pelatihan ini.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan skill pengetahuan personal Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Kendari tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan, agar setiap personel diharapkan menjadi personel yang andal,” ujarnya.

Adapun materi kegiatan dalam pelatihan ini yaitu, teori tentang pemadaman kebakaran dan penyelamatan dan praktik langsung tentang pemadaman dan penyelamatan kebakaran.

Untuk diketahui, pelatihan pemadam kebakaran 1 Kota Kendari tahun 2024 ini berlangsung selama 7 hari.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten