Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Maling yang Diringkus Buser 77 di Koltim Ternyata Spesialis Lansia, Modus Memijat dan SKSD

Maling yang Diringkus Buser 77 di Koltim Ternyata Spesialis Lansia, Modus Memijat dan SKSD
Kasat Reskrim Polresta Kendari, AKP Nirwan Fakaubun. Foto: Herlis Ode Mainuru/Kendariinfo. (2/9/2024).

KendariMaling ibu rumah tangga (IRT) berinisial R (41) yang diringkus oleh Buser 77 Satreskrim Polresta Kendari di Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) ternyata spesialis pencuri dengan target lanjut usia (lansia), Rabu (16/10/2024).

“Targetnya adalah lansia. Modusnya memijat korban dan sok kenal sok deket atau SKSD,” ujar Kasat Reskrim Polresta Kendari, AKP Nirwan Fakaubun.

Dalam menjalankan aksi pencurian, lanjut Nirwan, pelaku lebih dulu menyisir sejumlah lokasi di Kendari. Ketika mendapat target, khusunya lansia, ia berlaga SKSD. Di mana, pelaku mengajak korban lalu bercerita panjang lebar yang seolah-olah mengenali korban dan keluarganya.

“Pelaku juga berupaya basa-basi kepada korban sembari memijat tangan lansia yang diincar,” tambahnya.

Sembari menjalankan modus tersebut, pelaku tidak lupa memantau keadaan sekitar. Jika suasana dinilai aman, ia meminta korban membuka cincin di jari tangan dengan alasan memudahkan pijatan yang diberikan. Apabila tidak ada cincin di jari tangan korban, ia membidik barang-barang sekitar seperti HP, uang ataupun barang berharga lainnya.

Nirwan mengatakan, modus pelaku berjalan lancar. Sebab ada beberapa lansia yang menjadi korban, dua di antaranya adalah Novi dan Normaely.

Baca Juga:  Polres Kendari Percepat Vaksinasi, per Hari Target 400 Suntikan

Lansia bernama Novi kehilangan HP di Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Selasa (8/10). Sedangkan lansia bernama Normaely kehilangan cincin di Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Kamis (10/10).

“Modusnya sama, dipijat dulu sambil cerita-cerita. Kemudian pelaku beraksi,” tutur Nirwan.

Setelah serangkaian penyelidikan, Buser 77 akhirnya meringkus R di Koltim. Dari hasil interogasi, pelaku mengakui telah mencuri cincin milik Normaely, HP milik Novi, dan kalung emas warga di Kecamatan Baruga.

Saat ini, pelaku telah diamankan di Polresta Kendari. Polisi juga masih melakukan penyelidikan lebih lanjut termasuk mengumpulkan barang bukti lainnya yang telah dijual kepada orang lain.

Kabur ke Koltim, Buser 77 Ringkus IRT yang Curi Cincin Warga di Kendari

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten