Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Percepat Vaksinasi di Sultra, Menkes Bakal Kirim 600 Ribu Dosis Vaksin

Percepat Vaksinasi di Sultra, Menkes Bakal Kirim 600 Ribu Dosis Vaksin
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian saat melakukan jumpa pers di Rujab Gubernur Sultra. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (11/12/2021).

Kendari – Demi mempercepat angka 70 persen capaian vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Menteri Kesehatan (Menkes) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Kemenkes Republik Indonesia (RI) akan mengirimkan 600.900 dosis vaksin.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian saat melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Kendari, Sabtu (11/12/2021).

Tito mengatakan, stok vaksin yang ada di Sultra saat ini tersisa kurang lebih 200 ribu dosis, sehingga untuk mempercepat vaksinasi, pihaknya dan Menkes RI akan mengirim tambahan vaksin untuk Sultra.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian saat melakukan jumpa pers di Rujab Gubernur Sultra.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian saat melakukan jumpa pers di Rujab Gubernur Sultra. Foto: Yusrin Ramadhan/Kendariinfo. (11/12/2021).

“Stok yang ada di Dinkes Provinsi Sultra itu kurang lebih 200 ribu dosis, Kemenkes RI akan mengirim lagi kurang lebih 600.900 dosis tambahan di Sultra,” katanya.

Dia berharap dengan tambahan dosis tersebut nantinya dapat digunakan dengan secepat mungkin, sehingga tercapai herd immunity di Sultra.

“Nanti kita harapkan dengan adanya tambahan dan stok yang ada di provinsi ini bisa menutup kebutuhan dan kekurangan yang ada, selanjutnya tinggal melakukan eksekusi,” harapnya.

Terkait kebutuhan anggaran, Tito menyebut, kepala daerah se-Sultra dapat menggunakan sisa anggaran penanganan Pandemi Covid-19 yang masih tersedia, ataupun anggaran program kesehatan lainnya.

Baca Juga:  Komplotan Pelajar di Muna Lari Berhamburan saat Markas Miras Mereka Digerebek Polisi

“Semua daerah di Sultra telah menargetkan untuk dapat mencapai angka herd immunity yakni 70 persen vaksinasi masyarakat, bahkan ada yang menargetkan sampai 80 persen akhir tahun ini,” jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa Presiden RI, Joko Widodo menargetkan vaksinasi di seluruh Indonesia bisa tercapai minimal 70 persen untuk menghasilkan kekebalan tubuh komunal di daerah.

“Bapak Presiden menargetkan untuk vaksinasi dapat dicapai 70 persen sampai akhir tahun. Selanjutnya nanti akan kita evaluasi, target itu betul-betul tercapai atau tidak,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya akan memberikan teguran tertulis kepada kepala daerah di Sultra yang tidak dapat mencapai 70 persen dari target yang sudah ditentukan, sedangkan yang dapat mencapai akan diberikan penghargaan khusus.

“Kita mungkin akan memberikan teguran tertulis bagi yang tidak bisa mencapai 70 persen sampai batas yang sudah ditentukan, tapi kalau yang berhasil mencapai kita akan undang ke Jakarta, kita berikan apresiasi minimal makan siang mungkin, tapi harus diekspos biar jadi motivasi,” pungkasnya.

Dapat Kunjungan Mendagri, Sultra Masuk 3 Terbawah Capaian Vaksinasi

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten