Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kendari

Bantuan Mesin Pompa Air Pemkot Tiba, Dirut PDAM Kendari: Sedang Proses Pemasangan

Bantuan Mesin Pompa Air Pemkot Tiba, Dirut PDAM Kendari: Sedang Proses Pemasangan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bersama PDAM Tirta Anoa Kendari lakukan peninjauan Intake di Pohara. Foto: Istimewa. (27/9/2022).

Kendari – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa menerima dua unit mesin pompa air dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Kini, pompa air tersebut sedang dalam pemasangan yang dilakukan oleh tim PDAM Tirta Anoa.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin. Dia mengatakan, bantuan mesin pompa itu tiba pada hari Senin tanggal 26 September 2022 lalu, dan sedang dalam proses pemasangan Intake di Pohara, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe.

“Kemarin bersama dengan Pak Wali Kota, kami sudah meninjau Intake Pohara untuk persiapan pemasangan mesin pompa yang baru,” kata Damin kepada Kendariinfo, Rabu (28/9/2022).

PDAM Tirta Anoa Kendari akan melakukan pemasangan dua unit mesin pompa air baru.
PDAM Tirta Anoa Kendari akan melakukan pemasangan dua unit mesin pompa air baru. Foto Ferito Julyadi/Kendariinfo. (28/9/2022).

Dia menjelaskan, saat ini di Intake Pohara sudah ada satu dudukan mesin pompa air telah dibuat sejak dua pekan lalu. Tersisa satu dudukan yang sedang dalam pengerjaan pihak kontraktor.

“Jadi, yang satu sudah selesai, tinggal satu dudukan lagi yang mereka pasang. Maksimal 21 hari baru bisa dipasangi pompa,” jelasnya.

Mesin pompa air yang diterima oleh PDAM Tirta Anoa Kendari memiliki kapasitas 350 liter per detik. Besarnya kapasitas itu akan diimbangi oleh penguatan transmisi agar pendistribusian air ke rumah-rumah warga dapat maksimal.

“Kami juga sudah sampaikan ke kontraktor, supaya aksesoris-aksesoris untuk penguatan transmisi segera dipasang juga. Karena sebelum uji coba, semua penguatan pipa yang rawan akan terjadi kebocoran itu sudah harus diantisipasi,” lanjut Damin.

Baca Juga:  Breaking News! Abeli Diguncang Gempa Magnitudo 2,8 Pagi Ini

Dengan kemampuan itu, sangat diharapkan bahwa nantinya pendistribusian serta kualitas air yang mengalir ke rumah-rumah warga dapat menjadi lebih baik dari yang saat ini.

Damin juga mengungkapkan, anggaran pemasangan dua unit mesin pompa baru ini berasal dari penyertaan modal Pemkot Kendari tahun anggaran 2022 senilai Rp7,5 miliar. Namun, bukan untuk pengadaan dan pemasangan mesin saja, melainkan juga untuk perbaikan Water Treatment Plant (WTP) di Punggolaka, serta penggantian valve air di jalur distribusi.

Tidak hanya itu, PDAM Tirta Anoa Kendari juga melakukan pengadaan satu mesin pompa air berkapasitas 40 liter per detik, untuk di wilayah Kelurahan Anggoeya, Kecamatan Poasia. Oktober 2022 mendatang, mesin pompa yang baru akan terpasang dan PDAM Tirta Anoa akan memberi pelayanan serta kualitas air yang lebih baik.

“Kami berharap, masyarakat untuk saat ini bersabar, karena dengan datangnya pompa baru, dua mesin pompa yang lama kami angkat atau tidak operasikan, jadi hanya satu mesin yang beroperasi. Secepatnya mesin yang baru akan kami pasang,” tegas Damin.

Bakal Dapat Bantuan Pompa Air, PDAM Kendari Pastikan Pendistribusian Air Lebih Maksimal

ADVERTISEMENT
Editor
Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten