Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Bisnis

Hero For Earth Latih Warga Bungkutoko, Kendari Ubah Sampah Jadi Pupuk Kompos

Hero For Earth Latih Warga Bungkutoko, Kendari Ubah Sampah Jadi Pupuk Kompos
Masyarakat RT 12 Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengolah sampah menjadi pupuk kompos usai mendapat pelatihan dari Trash Hero Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (28/6/2024).

Kendari – Komunitas yang bergerak di bidang lingkungan, Hero For Earth, melatih masyarakat di RT 12 Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk mengolah sampah menjadi pupuk kompos, Sabtu (28/6/2024).

Ketua Komunitas Hero For Earth, Risma Yulestari, mengatakan kegiatan yang dilakukan itu sebagai salah satu langkah kepedulian mereka terhadap lingkungan, khususnya pemanfaatan sampah.

Pengelolaan sampah dilakukan untuk mengurangi penumpukan di tempat pembuangan akhir (TPA), membuangnya ke laut, dan meningkatkan pendapatan warga Bungkutoko itu sendiri.

“Sampah plastik yang dihasilkan masyarakat dapat diolah kembali menjadi ecobrick. Sementara sampah organik rumah tangga dapat diolah menjadi pupuk kompos yang dapat dijual kembali,” katanya.

Dia menjelaskan, pembinaan terkait pengelolaan sampah telah dilakukan sejak tahun 2023. Saat itu, komunitasnya melihat bahwa diBungkutoko belum memiliki tempat pembuangan sampah. Masyarakat pun masih ada yang membuang sampah ke laut.

“Tahun ini kami baru mengajarkan kepada warga di sini cara pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan membuatnya menjadi pupuk kompos serta ecobricks,” kata Risma Yulestari.

Risma menyampaikan dampak yang dirasakan masyarakat setelah adanya program pengelolaan sampah adalah lebih sadar untuk menjaga lingkungannya.

Baca Juga:  Gathering Komunitas Yamaha Kendari, Hasjrat Abadi Rencanakan Diskon Servis bagi Member YRFI

“Sampah yang dulunya berserakan, kini tak terlihat lagi di lingkungan RT 12 Bungkutoko. Mereka juga kini telah menyediakan tempat sampah di setiap sudut rumah masing-masing,” pungkasnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten