Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Peran Mahasiswa FK UHO Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Bayi di Kendari

Peran Mahasiswa FK UHO Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Bayi di Kendari
Mahasiswa KKN Tematik FK UHO membagikan masker kepada ibu dan anak di Kecamatan Abeli. Foto: Istimewa.

Kendari – Peningkatan kesehatan ibu dan anak saat Pandemi Covid-19 di wilayah pesisir menjadi fokus program kerja (proker) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mereka membagi enam proker untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Pertama, edukasi dalam pencegahan dan penanganan. Kedua, pemberian dan edukasi penggunaan masker kain bagi masyarakat khususnya ibu serta anak. Ketiga, pemberian dan edukasi penggunaan shield mask untuk balita. 

Keempat, pembuatan disinfektan dan penyemprotan lingkungan kelurahan. Kelima, pembuatan titik tempat mencuci tangan. Dan keenam, pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pembuatan Alat Pelindung Diri (APD).

Sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 kepada masyarakat Kecamatan Kambu.

Koordinator lapangan, Gian Ofel Pagappong menyebut, lokasi KKN Tematik FK UHO dilakukan di Kecamatan Abeli dan Kecamatan Kambu, Kota Kendari. Dia mengatakan, kegiatan dibagi menjadi tiga program kerja untuk mengefisienkan waktu dan sumber daya yang ada. 

“Yakni kegiatan edukasi mengenai Covid-19, kegiatan pembagian masker kain, masker medis, shield mask balita, dan hand sanitizer, serta pemasangan titik tempat mencuci tangan,” katanya, Jumat (3/9/2021).

Menurut Gian, proses edukasinya melalui empat mekanisme. Pertama, secara langsung di posyandu, melalui grup WhatsApp, pemasangan baliho, dan siaran langsung di radio.

Pemasangan baliho untuk memberikan edukasi pencegahan dan penanganan Covid-19.
Pemasangan baliho untuk memberikan edukasi pencegahan dan penanganan Covid-19. Foto: Istimewa.

“Pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan materi edukasi kami berisi tanda dan gejala serta langkah pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga:  Jaminkan Keluarga dan Kooperatif Jadi Penyebab Dosen UHO Prof B Tak Ditahan Usai Diperiksa

Selain itu, mereka juga membagikan 400 buah masker kain, 200 buah hand sanitizer, 100 buah shield mask balita, 30 dus masker medis di 10 posyandu yang dikunjungi, dan pemasangan lima tempat cuci tangan di beberapa lokasi berbeda.

“Kami melakukan pemasangan tempat cuci tangan di beberapa titik di wilayah KKN kami. Di antaranya tiga titik di Kecamatan Abeli dan dua titik di Kecamatan Kambu. Kami juga memberikan poster langkah mencuci tangan yang benar dan juga sabun cair untuk mencuci tangan,” ungkapnya.

Mahasiswa KKN FK UHO Kendari.
Mahasiswa KKN FK UHO Kendari. Foto: Istimewa.

Menurut Gian, pelaksanaan KKN Tematik FK UHO merupakan bentuk pengabdian akademik kepada masyarakat dan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat.

“Semoga dengan hadirnya kami walaupun dalam waktu yang sangat singkat dapat berdampak positif bagi masyarakat setempat. Khususnya di bidang peningkatan kesehatan ibu dan anak di era Pandemi Covid-19,” pungkasnya. 

KKN Tematik FK UHO ini diketuai langsung oleh Wa Ode Sitti Asfiah Udu, dan anggotanya Juminten Saimin, Nur Indah Purnamasari, Sufiah Asri Mulyawati, serta Yenti Purnamasari.

Mahasiswa KKN FK UHO Kendari.
Mahasiswa KKN FK UHO Kendari. Foto: Istimewa.

Sedangkan mahasiswanya berjumlah 17 orang. Mereka adalah Gian Ofel Pagappong sebagai koordinator lapangan, serta anggotanya Gian Alvian, Lukam Talayansa, Serina Darjun, Nurul Annisa Baharuddin, La Ode Naufal Arrouf Syahnasti, Silica Sandra, Laras Githa Wardany, Ariani, Rosyida, Meidiyana Dwi Lestari, Rezky Suryaningsih Rianse, Muhammad Haris Munandar, Muhammad Hilal Kaslah, La Ode Muhamad Fikran Syafar, Hikma Wati, dan Dewi Fortuna Ramadhanty Shamin.

ADVERTISEMENT
Baca Juga:  Princess Beautiful Studio Kendari Siap Menghempaskan Lelahmu

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten