Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Progres 100 Persen, Patung Oputa Yi Koo di Baubau Segera Diresmikan

Progres 100 Persen, Patung Oputa Yi Koo di Baubau Segera Diresmikan
Patung Oputa Yi Koo di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: Istimewa.

Baubau – Pembangunan Patung Oputa Yi Koo di Kota Baubau yang merupakan pahlawan nasional dari Sulawesi Tenggara (Sultra) telah rampung 100 persen dan rencananya akan segera diresmikan. Patung Oputa Yi Koo atau Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi itu memiliki tinggi 22 meter yang dibangun di Kawasan Kotamara, Baubau.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Martin Effendi Patulak, mengatakan patung itu dibangun dengan waktu cukup lama, karena prosesnya yang kompleks. Di mana patung didesain seperti puzzle yang harus dirakit satu per satu, mulai dari kaki hingga bagian-bagian lainnya.

“Pembangunan patung utama ini ditargetkan selesai pada Juni 2024. Saat ini tinggal pengecatan dan penataan kawasan tempat patung berdiri,” katanya, Rabu (10/7/2024).

Dia menjelaskan, pembangunan patung terbagi menjadi dua tahap yang menghabiskan total anggaran Rp53 miliar. Tahap pertama pada tahun 2022 dengan anggaran Rp17 miliar. Sementara tahap kedua pada tahun 2023 dengan anggaran Rp36 miliar.

“Proses pengerjaan kawasan patung dan pemasangan tegel serta beberapa area pendukung lainnya telah selesai dilakukan, termasuk juga ruangan museum telah disiapkan,” tambahnya.

Untuk peresmian patung, pihaknya masih menunggu jadwal dari pemerintah provinsi, tetapi direncanakan tahun ini atau 2024. Selain itu, pihaknya juga akan mencari terlebih dahulu pengelola ikon patung Oputa Yi Koo, sebelum dibuka untuk masyarakat umum agar kawasannya lebih terawat.

Baca Juga:  Malam Minggu di Bioskop Kendari? Berikut Jadwal Filmnya

“Kita akan berkomunikasi dengan Dinas Pariwisata Sultra agar mengelola kawasan itu. Kalau sudah ada pengelola, baru bisa diresmikan dan terbuka untuk masyarakat umum,” tutupnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten