Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Event

144 Komunitas Ikut dalam Kegiatan World Clean Up Day 2022 di Kendari Besok

144 Komunitas Ikut dalam Kegiatan World Clean Up Day 2022 di Kendari Besok
Leader WCD Sultra, Ardan. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (16/9/2022).

Kendari – Sebanyak 144 komunitas yang tersebar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal turut ambil bagian pada aksi bersih-bersih sedunia atau World Clean Up Day (WCD) 2022, Sabtu (17/9/2022) besok.

Leader WCD Sultra, Ardan mengatakan, para komunitas yang bakal berpartisipasi ini telah mendaftar sejak beberapa waktu lalu. Hal itu untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian alam.

“Komunitas yang sudah melapor ada 144, mereka semua lintas komunitas, ada yang komunitas hewan, kreatif, sampai lingkungan,” katanya kepada Kendariinfo, Jumat (16/9).

Pamflet WCD 2022
Pamflet WCD 2022. Foto: Istimewa.

Rencananya WCD di Kota Kendari tahun ini bakal difokuskan pada beberapa titik, yaitu area Eks-MTQ, area Kendari Water Sport, area Universitas Halu Oleo UHO, dan Masjid Al-Alam Kendari (area Bat-Bat).

Kegiatan WCD ini merupakan kegiatan tahunan yang didasari gerakan aksi sosial untuk mengajak masyarakat dan stakeholder terkait agar memperingati hari bersih sampah dan menjaga kebersihan.

“Yang dilaksanakan setiap bulan November dari tanggal 10 – 25. Bentuk aksi nyatanya yakni memungut sampah secara serempak di seluruh dunia. Khusus di Indonesia serentak tanggal 17 November 2022,” imbuhnya.

Ardan menambahkan, tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk mengedukasi dan memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan serta mengurangi sampah yang kita gunakan. Apalagi sampahnya sampai dibuang ke laut.

“Manfaat kegiatan ini, yaitu bagaimana kita sesama umat manusia yang tidak memandang suku, ras, agama, dan budaya mau peduli memungut sampah yang ada di sekitar kita, buang sampah pada tempatnya, dan lebih peka terhadap sampah yang berserakan,” tambahnya.

Baca Juga:  Bulog Sultra dan UHO Teken MoU Penyaluran Beras di Lingkup Kampus

Ardan berharap, kegiatan WCD ini menghasilkan output yang besar untuk memecahkan permasalahan sampah yang ada di Sultra.

“Semoga gerakan ini menjadi bagian positif dan pola pikir baru mengingatkan bahaya sampah sampai ke masyarakat,” harapnya.

Editor
Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten