Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

195 Anggota PPS Kota Kendari Resmi Dilantik dan Diambil Sumpah Jabatannya Hari Ini

195 Anggota PPS Kota Kendari Resmi Dilantik dan Diambil Sumpah Jabatannya Hari Ini
Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota PPS lingkup Kota Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (24/1/2023).

Kendari – Sebanyak 195 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) lingkup Kota Kendari resmi dilantik serta diambil sumpah jabatannya di Lapangan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari hari ini, Selasa (24/1/2023).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir serta sejumlah pihak terkait. Pelantikan ini sebagai persiapan Kota Kendari dalam rangka menghadapi pesta demokrasi 2024 mendatang.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan, jumlah anggota PPS yang dilantik telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU yakni harus ada sebanyak 3 anggota PPS di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Melihat Kota Kendari memiliki 65 kelurahan maka total anggota yang dilantik telah sesuai dengan ketentuan.

Nantinya para anggota PPS yang baru saja dilantik akan bekerja sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan oleh KPU. Pekerjaan awal para anggota PPS pasca-dilantik adalah melakukan perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

“Intinya kegiatan hari ini selain melantik para anggota PPS, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan apel gelar pasukan dengan tujuan untuk menjaga kesolidan antaranggota,” katanya.

Sementara itu, Asmawa Tosepu mengatakan, peran para anggota PPS sangat vital, karena merekalah yang menjadi ujung tombak pada pemilihan umum 2024 mendatang. Menurutnya, di tangan merekalah arah perjalanan bangsa Indonesia akan ditentukan.

Baca Juga:  Temu Alumni Ilmu Politik FISIP UHO, Bahas Kesiapan Parpol Menuju Pemilu 2024

“Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh penyelenggara pemilihan umum 2024 untuk tetap menjaga integritas, kompetensi dan wajib memiliki pengetahuan memadai terkait kepemiluan,” jelas Asmawa Tosepu.

Asmawa Tosepu juga mengimbau agar para penyelenggara pemilihan umum khususnya para anggota PPS untuk terus menambah literasi terkait aturan perundang-undangan pemilihan umum.

“Dengan memahami aturan, saya yakin risiko pelanggaran-pelanggaran yang terjadi bisa diminimalisir,” jelasnya.

Di tempat yang sama, La Ode Abdul Natsir menyampaikan dengan pelantikan ini, pihaknya berharap dapat menambah kekuatan KPU Sultra dalam mengarungi pesta demokrasi 2024 mengingat tugas yang diberikan cukup berat serta vital.

“Kita berharap dengan dilantiknya anggota PPS ini bisa membantu kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar nantinya pemilihan umum 2024 bisa berjalan lancar,” tutupnya.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten