Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kendari

22 Orang Peserta Lulus Program Pendidikan PT DSSP Power, Mayoritas dari Kendari

22 Orang Peserta Lulus Program Pendidikan PT DSSP Power, Mayoritas dari Kendari
Lulusan program pendidikan EDP dan PTPL PT DSSP Power Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (26/11/2022).

KendariPT DSSP Power Kendari meluluskan 22 orang peserta di dua program pendidikan yakni Engineering Development Program (EDP) dan Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTLP), di mana 11 orang di antaranya berasal dari institusi pendidikan di Kota Kendari. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (26/11/2022).

22 peserta yang lulus tersebut merupakan pemuda-pemudi lulusan SMA/SMK dan S1/D3 yang tersebar di dua daerah yakni Kendari dan Makassar.

EDP dan PTPL sendiri adalah program yang membina lulusan SMA/SMK dan S1/D3 untuk menjadi engineer, operator, dan teknisi ketenagalistrikan melalui program pendidikan selama 1 tahun.

Program yang dilatihkan meliputi pendidikan in class, OJT, dan pemagangan di bidang-bidang pekerjaan yang akan mereka tempati setelah lulus serta diakhiri dengan sertifikasi kompetensi sesuai dengan pembidangan peserta.

Direktur PT DSSP Power Kendari, Awi Kamaluddin mengatakan, program ini merupakan kegiatan yang sudah dilakukan sejak 2016 lalu dan diadakan lagi guna mengisi posisi-posisi yang mereka butuhkan.

“Program ini juga menjadi tanggung jawab sosial kita kepada perusahaan karena berada di Sulawesi Tenggara (Sultra), kita memprioritaskan putra putri terbaik dari sini,” katanya.

Nantinya para lulusan ini akan ditempatkan di posisi sesuai dengan keahlian yang mereka miliki, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa meningkatkan karirnya.

CSR and External Relation PT DSSP Power Kendari, Risal Akbar mengatakan, peserta dari kedua program ini telah menjalani proses rekrutmen dan seleksi yang ketat dengan tetap memberikan prioritas kepada putra-putri Sultra khususnya Kota Kendari. Dari total 22 peserta lulusan, 11 di antaranya merupakan lulusan UHO dan SMKN 2 Kendari, sedangkan sisanya berasal dari Makassar.

Baca Juga:  Lomba Las Nasional Teknik Mesin UHO untuk Tingkatkan Kualitas SDM

“Ini adalah hasil dari kerja sama perusahaan dengan beberapa institusi pendidikan yang ada di sekitar perusahaan kami seperti Universitas Halu Oleo (UHO) dan SMKN 2 Kendari, pelamar yang sebelumnya lolos untuk mengikuti program ini kami seleksi berdasarkan domisili dengan tetap memprioritaskan putra-putri Sultra,” sebutnya.

Program EDP dan PTPL adalah perwujudan dari komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan dengan tujuan mendidik lulusan-lulusan terbaik untuk menjadi ahli ketenagalistrikan yang kompeten handal dan tersertifikasi.

“Program ini sendiri telah berlangsung sejak 2016 dan lulusannya telah bekerja di unit-unit usaha milik perusahaan yang berlokasi di Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan juga Sultra dengan total 191 orang lulusan,” tambahnya.

La Ode Mardin yang menjadi salah satu peserta terbaik merasa sangat bangga bisa menjadi bagian dari perusahan besar yang bergerak di bidang ketenagalistrikan itu.

“Bagi kami, ini merupakan kesempatan yang besar guna meningkatkan keterampilan kami, dan mengembangkan potensi kami di bidang kelistrikan,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Sebagai informasi, PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan IPP PLTU berkapasitas 2×50 MW yang berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan yang menyuplai kebutuhan listrik wilayah Sultra melalui jaringan 150 KV sistem Sultra hingga Sulawesi bagian selatan.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten