Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

4 Daerah Penghasil Sampah Terbanyak di Kendari: Kadia, Kendari Barat, Kambu, dan Poasia

4 Daerah Penghasil Sampah Terbanyak di Kendari: Kadia, Kendari Barat, Kambu, dan Poasia
Sampah berserakan di sekitar Tempat Penampungan Sampah (TPS) Kecamatan Kendari, Kota Kambu. Foto: Dok. Istimewa.

KendariKecamatan Kadia, Kendari Barat, Kambu, dan Poasia merupakan empat daerah dengan penghasil sampah terbanyak di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Adi Jaya Purnama.

“Kadia, Kendari Barat, Kambu, dan Poasia. Ini merupakan kecamatan-kecamatan yang volume sampahnya sangat besar,” kata Adi kepada Kendariinfo, Sabtu (11/6/2022).

Adi menyebut, sampah rumah tangga menjadi buangan paling mendominasi. Dari 241 ton volume sampah harian saat ini di Kendari, empat daerah itu merupakan penyumbang terbesarnya. Menurut Adi, volume sampah ikut dipengaruhi dengan meningkatnya jumlah penduduk dan tingginya mobilitas masyarakat.

“Apalagi Kendari merupakan Ibu Kota Sultra. Selain melayani sampah lokal yang ada, kita juga harus siap dengan berbagai tamu yang hadir. Itu salah satu penyebabnya, tingkat mobilisasi masyarakat di kota ini sangat tinggi,” bebernya.

Dengan volume 241 ton, diperkirakan setiap orang di Kendari menghasilkan 0,69 kilogram sampah. Meski demikian, Adi mengaku hal itu tidak jadi persoalan. Masalah lain yang dihadapi dalam pengelolaan sampah di Kendari adalah kesadaran masyarakat. Kebiasaan membuang sampah di kali, laut, dan lahan kosong menjadi tantangan tersendiri.

“Ini terkadang ada juga masyarakat yang apatis, kalaupun membuangnya di Tempat Penampungan Sampah (TPS) paling di luarnya saja. Kalau tidak, di lahan kosong, di kali, di laut, atau di mana saja selain TPS. Ini yang sedang kami usahakan agar tertib dalam hal buangnya di TPS dengan benar,” pungkasnya.

Baca Juga:  Panjat Pagar Rumah, Pria di Kendari Terekam CCTV Bawa Kabur Helm

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten