Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

8 Mahasiswa Teknik UHO Kendari Bakal Magang di Perusahaan Manufaktur Jepang

8 Mahasiswa Teknik UHO Kendari Bakal Magang di Perusahaan Manufaktur Jepang
Pelepasan delapan mahasiswa Teknik UHO yang akan mengikuti magang internasional di Jepang. Foto: Istimewa. (30/1/2023).

Kendari – Delapan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari akan melaksanakan magang internasional di Perusahaan Yorozu Jepang yang bergerak di bidang manufaktur. Delapan mahasiswa tersebut dilepas secara resmi di Aula Fakultas Teknik UHO, Senin (30/1/2023).

Dekan Teknik UHO, Edward Ngii menjelaskan bahwa kedelapan mahasiswanya itu mendapatkan kesempatan dari Japan Work Business untuk bisa menimba ilmu sekaligus merasakan atmosfer bekerja di Negeri Matahari Terbit tersebut.

“Tahun lalu kita dapat kuota 50 orang. Alhamdulillah tahun ini kita dapat kuota 100 orang,” katanya kepada awak media.

Dekan menjelaskan, program magang internasional ini juga merupakan bagian dari implementasi program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka atau MBKM.

“Kami harapkan, selama mengikuti magang mereka dapat menyerap pengalaman. Utamanya budaya, etos kerja, dan disiplin waktu,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik UHO, Adris A. Putra menambahkan bahwa program magang ke Jepang berlangsung selama satu tahun.

Di mana program ini sesuai Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang menjelaskan tentang kampus yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk melaksanakan aktivitas akademik di luar kampus dengan jangka waktu paling singkat satu semester.

Baca Juga:  Jaminkan Keluarga dan Kooperatif Jadi Penyebab Dosen UHO Prof B Tak Ditahan Usai Diperiksa

“Program ini juga, salah satu wujud program MBKM. Mereka yang melakukan magang diwajibkan mengirim laporan mingguan dan bulanan, sebagai penilaian dari pihak jurusan,” ungkapnya.

Dia juga menuturkan bahwa bagi mereka yang memiliki keinginan mengikuti magang internasional tersebut dapat menyiapkan diri dari sisi akademik maupun secara fisik.

“Sekadar informasi, mahasiswa yang akan berangkat ini merupakan mahasiswa yang lulus seleksi. Di mana seleksi tersebut langsung dilakukan oleh perusahaan terkait. Jadi bukan kami yang menentukan, fakultas hanya memfasilitasi,” tuturnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten