Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Headline

Breaking News! Abeli Diguncang Gempa Magnitudo 2,8 Pagi Ini

Breaking News! Abeli Diguncang Gempa Magnitudo 2,8 Pagi Ini
Titik koordinat gempa yang mengguncang Abeli, Kota Kendari. Foto: BMKG.

Kendari – Gempa bumi dengan besar magnitudo 2,8 mengguncang Sulawesi Tenggara (Sultra), tepatnya di wilayah Kota Kendari, Sabtu (18/12/2021) pagi ini.

Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini terjadi sekitar pukul 09.12 WITA. Terletak pada koordinat 4.03 LS, 122.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4.2 km, barat daya Abeli, Kota Kendari, pada kedalaman 5 km.

Kepala Stasiun BMKG Kota Kendari, Rudin mengatakan, jenis dan mekanisme gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar di barat daya Abeli, Kota Kendari.

Titik koordinat gempa yang mengguncang Abeli, Kota Kendari. Foto: BMKG.
Titik koordinat gempa yang mengguncang Abeli, Kota Kendari. Foto: BMKG.

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Poleang Timur dengan Intensitas II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” katanya.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” sambungnya.

Untuk itu, Rudin mengingatkan kepada masyarakat, agar menghindari diri, dari bangunan yang retak atau rusak akibat guncangan gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.

Baca Juga:  Breaking News! Konawe Diguncang Gempa, Dirasakan di Kendari dan Konsel

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh terhadap isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hingga kini, belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” pungkasnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten