Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Kawasan Tugu Eks MTQ Bakal Ditata Ulang, Ini Langkah yang Akan Diambil Pemkot Kendari

Kawasan Tugu Eks MTQ Bakal Ditata Ulang, Ini Langkah yang Akan Diambil Pemkot Kendari
Suasana rapat pembahasan penataan kawasan Tugu Persatuan oleh Pemkot Kendari di Ruang Pola Balai Kota. Foto: Dok. Prokopim Kota Kendari. (12/1/2023).

Kendari – Kawasan Monumen Persatuan atau yang dikenal sebagai Tugu Eks MTQ akan segera dibenahi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari usai mendapatkan hak pengelolaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pemkot Kendari bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan rapat pertemuan di Ruang Pola Balai Kota Kendari guna menyusun langkah-langkah strategis penataan kawasan Eks MTQ, Kamis (12/1/2023).

Dalam rancangan awal itu, Pemkot Kendari akan memasukkan kembali seluruh pedagang ke dalam kawasan Tugu Persatuan, agar kawasan parkiran bisa dikembalikan pada fungsinya dan tidak menimbulkan kekumuhan.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menjelaskan, kawasan Tugu Persatuan akan dipertahankan fungsinya sebagai ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Akan diberikan kesempatan pada forum corporate social responsibility (CSR) dalam hal ini perbankan untuk mengkontribusi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat khususnya kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kawasan Tugu Persatuan,” katanya.

Selain itu, Pemkot Kendari juga akan memberikan keringanan pada pelaku UMKM yang akan ditempatkan dalam kawasan Tugu Persatuan. Bahkan, Pemkot Kendari akan membebaskan sejumlah retribusi selama beberapa bulan pasca-pemindahan.

“Hal ini dilakukan agar geliat ekonomi di kawasan itu bisa bertumbuh,” imbuhnya.

Baca Juga:  RIOT Dapat Sertifikat MURI Lari Serentak di Lokasi Wisata Terbanyak

Selanjutnya, desain kawasan Tugu Persatuan akan segera difinalkan berdasarkan masukan dan sejumlah pertimbangan, seperti tata letak, estetika, etika, termasuk fungsi dari kawasan itu.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten