Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Sports

Ada Sosok Pria asal Kendari yang Jadi Juri SEA Games Vietnam 2021

Ada Sosok Pria asal Kendari yang Jadi Juri SEA Games Vietnam 2021
Eddy Hidransyah. Foto: Istimewa.

KendariEddy Hiendarsyah, pria asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi sosok wasit dan juri pada perhelatan SEA Games Vietnam 2021. Pada pertandingan cabang olahraga (cabor) pencak silat yang berlangsung di Bac Tu Liem, Hanoi, Vietnam, Senin (16/5/2022), ada peran Eddy di sisi lapangan pertandingan.

ADVERTISEMENT
Investasi

Selain menjadi wasit dan juri di ajang bergengsi olahraga se-Asia Tenggara tersebut, Eddy juga secara kelembagaan bertugas untuk mengamati praktik penerapan peraturan pertandingan pencak silat. Dia bersama lima orang wasit dan juri lainnya dari Indonesia ditugaskan sebagai Komisi Pertandingan Cabor Pencak Silat SEA Games Vietnam 2021.

Eddy sendiri telah mengantongi sertifikasi wasit juri internasional kelas II. Eddy merupakan anggota Lembaga Wasit Juri Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Ketua Badan Kelembagaan Pengurus Pusat. Saat ini dia terus mempelajari dan mengamati agar peraturan pencak silat tetap sejalan dengan filosofi dan nilai-nilai dalam perjalanan pencak silat menuju olimpiade. Hal itulah yang membawanya menjadi juri dan wasit SEA Games Vietnam 2021.

“Saya memulai karier silat di Surabaya, hingga banyak mendapat sertifikat nasional dan internasional,” kata Eddy kepada Kendariinfo, Senin (16/5).

Eddy yang mengaku lahir di Surabaya pada tahun 1959 telah tinggal dan menetap di Kota Kendari sejak 1980-an. Sejak saat itu, dia mulai membuka perguruan silat di Kota Kendari dengan nama Perisai Diri. Dia juga merupakan pelopor lembaga juri dan wasit di Sultra pada tahun 1981 bersama Alm. Syamsuddin Herman.

Baca Juga:  Hafal 16 Juz Al-Qur'an, Anak 11 Tahun asal Kolaka Ikut Bersaing di Hafiz Indonesia 2021

“Nenek saya orang asli Kendari. Keluarga banyak orang Kendari. Saya mulai tahun 80-an sudah di Kendari. Tahun 1982 mulai buka perguruan silat, bernama Perisai Diri di Kota Kendari,” kata Eddy kepada Kendariinfo, Senin (16/5).

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten