Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Travel

Air Terjun Wawondiku Konut, Pesona Tersembunyi Sekaligus Tempat Pemulihan Jiwa

Air Terjun Wawondiku Konut, Pesona Tersembunyi Sekaligus Tempat Pemulihan Jiwa
Air Terjun Wawondiku di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Foto: Arisandy/Kendariinfo. (16/12/2021).

Konawe Utara – Metode pemulihan jiwa dan pikiran di zaman sekarang sudah makin beragam. Bisa hanya dengan tarik napas kemudian dihembuskan secara perlahan. Tapi kalau belum ampuh juga, coba dengan tarik tunai kemudian pergi liburan.

Liburan ke tempat yang nyaman, sepi, tenang, dan tentunya jauh dari bising tetangga serta netizen. Singkatnya, liburan semacam ini biasa disebut dengan healing. Kini kebutuhan utama manusia menjadi bertambah, empat sehat lima sempurna tambah healing. Sandang, pangan, papan, healing, mungkin begitulah kawula muda zaman sekarang mendefinisikan begitu pentingnya akan kebutuhan yang satu ini.

Kendariinfo akan merekomendasikan satu tempat yang bisa kamu masukan ke daftar liburan healing-mu. Tentunya masih di sekitaran Sulawesi Tenggara. Di bagian sisi utara provinsi ini terdapat pesona alam tersembunyi, Air Terjun Wawondiku. Dari pusat Kota Kendari berjarak sekitar 100 kilometer. Menggunakan motor blue core dengan tangki penuh sudah lebih dari cukup. Cukup irit agar uang tidak cepat hilang.

Air Terjun Wawondiku di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.
Air Terjun Wawondiku di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Foto: Arisandy/Kendariinfo. (16/1/2022).

Air Terjun Wawondiku terletak di Desa Awila, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut). Sesampai di desa terakhir, sebaiknya anda melapor kepada masyarakat setempat meminta jasa sebagai pemandu jalan. Sangat tidak dianjurkan untuk menuju lokasi dengan seorang diri.

Perjalanan ke air terjun yang akan melewati hutan dan kebun warga yang bisa memakan waktu tempuh sekitar tiga hingga empat jam. Waktu yang cukup lama, sebenarnya. Tapi hal itu tidak akan terlalu terasa, karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pesona alam Konut yang indah.

Baca Juga:  Kemenparekraf RI Tetapkan Wakatobi Sebagai Kabupaten Kreatif 2021

Jalur didominasi trek yang cukup landai, meskipun ada beberapa belukar yang harus dilewati. Setelah melewati hutan dan kebun warga, dilanjutkan dengan menelusuri pinggiran sungai. Pepohonan yang rimbun tentunya akan membuat perjalanan akan menyenangkan. Terik panas matahari juga tak akan terlalu terasa. Rasa penat akan perjalanan panjang bisa diselingi dengan menyebur di beberapa bagian sungai yang memiliki debit air dalam yang jernih dan segar.

Satu pemandangan yang sedikit menganggu, di sepanjang aliran sungai akan banyak ditemui pohon-pohon tumbang bekas ulah dari beberapa oknum pembalakan liar. Tak jarang akan ditemukan pula balok kayu yang sudah tersusun rapi yang siap dihanyutkan ke perkampungan melalui sungai.

Terlepas dari itu, perjalananmu akan tetap berlanjut hingga sampai ke lokasi tujuan. Sebelum sampai di air terjun utama. terlebih dulu akan ada beberapa anakan air terjun yang harus dilewati. Air terjun mini ini membentuk sebuah tangga raksasa yang cukup indah.

Barulah setelahnya, dua air terjun akan terpampang di hadapan kita. Dengan tinggi yang cukup serupa. Dengan ketinggian sekitar 45 meter Air Terjun Wawondiku mengucur begitu indah. Tepat di bawah kucurannya, membentuk kolam yang cukup luas dan dalam. Penat akan perjalanan yang melelahkan seketika terbayar lunas dengan langsung terjun ke kolam tersebut.

Air Terjun Wawondiku di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.
Air Terjun Wawondiku di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Foto: Arisandy/Kendariinfo. (16/12/2021).

Bersantai seraya berdiam diri di Air Terjun Wawondiku sungguh sangat syahdu. Vegetasi sekitar air terjun cukup rapat. Rimbun pepohanan dan suara gemuruh air terjun berpadu dengan riuh kicau suara burung membuat suasana kian damai.

Baca Juga:  Jadi Lulusan Terbaik AAU, Anak Nelayan Butur Raih Adhi Makayasa

Lokasinya yang jauh dari pemukiman, dan akses yang belum memadai justru menjadi nilai plus tersendiri untuk merasakan waktu menyendiri yang berkualitas. Memulihkan jiwa serta menjernihkan pikiran seraya menyatu dengan alam dan merasakan pesona ciptaan Tuhan yang tersembunyi di hutan Konut.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten