Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Beasiswa Konasara untuk Mahasiswa Konut di Tengah Polemik Kenaikan UKT

Beasiswa Konasara untuk Mahasiswa Konut di Tengah Polemik Kenaikan UKT
Mahasiswi asal Konut yang sedang menempuh Program S-1 Kedokteran di Chifeng University, China, Muthiah Damayanti. Foto: Istimewa.

Konawe Utara – Isu yang saat ini tengah ramai diperbincangkan publik terkait kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia tentunya menimbulkan banyak kekhawatiran di kalangan masyarakat. Terutama orang tua dan mahasiswa itu sendiri.

Namun di tengah polemik kenaikan biaya UKT yang mencekik, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) hadir dengan kebijakan berbeda. Pemerintah daerah menyiapkan anggaran program beasiswa untuk disalurkan kepada seluruh mahasiswa aktif asal Konut.

Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Konawe Utara (IMKU) Wilayah Konawe, Robby Anggara, menjelaskan saat ini 2.223 mahasiswa Konut yang lolos ke tahap pengajuan dana beasiswa. Sementara 1.559 mahasiswa asal Konut yang tersebar di beberapa perguruan tinggi seluruh Indonesia hingga luar negeri, dikonfirmasi telah lolos ke tahap pencairan bantuan biaya pendidikan bebas UKT tahap pertama tahun akademik 2023 – 2024.

Total dana yang telah dicairkan pun sebesar Rp2,5 miliar. Robby mengucapkan rasa syukur serta apresiasi kepada Pemda Konut terhadap semangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi muda.

“Kami sangat mengapresiasi langkah pemda dalam hal ini Bupati Konawe Utara, Bapak Ruksamin, karena telah berhasil mewujudkan bakti dan dukungannya kepada kami generasi muda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas serta kesetaraan dan kesempatan dalam menuntut ilmu,” jelas Robby, Senin (8/7/2024).

Baca Juga:  Bupati Konut Kembali Dianugerahi Gelar Adat, Kali Ini oleh Masyarakat Adat Wakatobi

Program Beasiswa Konasara Pemkab Konut telah diselenggarakan sejak tahun 2017 dan kini memasuki tahun ke-7. Pemerintah daerah pun sangat mendukung generasi muda Konut untuk mendapatkan pendidikan berkualitas, mulai dari program diploma, sarjana, dan pascasarjana di perguruan tinggi seluruh Indonesia hingga luar negeri.

Sementara itu, salah satu mahasiswi asal Konut yang kini sedang menempuh Program S-1 Kedokteran di Chifeng University, China, Muthiah Damayanti, juga turut mengucapkan rasa syukur atas bantuan dari Program Beasiswa Konasara.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur sebagai penerima beasiswa ini. Dengan adanya beasiswa ini saya bisa mencapai impian saya untuk berkuliah di luar negeri dan menjadi mahasiswa kedokteran,” katanya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten