Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Berkunjung ke Wakatobi, Presiden Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan dan 1 Unit Kapal

Berkunjung ke Wakatobi, Presiden Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan dan 1 Unit Kapal
Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu unit kapal feri di Kabupaten Wakatobi. Foto: BPMI Setpres. (9/6/2022).

Wakatobi – Berkunjung ke Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan kapal feri, Kamis (9/6/2022).

Ketiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Peresmian ini dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi.

Selain pelabuhan, orang nomor satu di Indonesia ini juga meresmikan peroperasian satu unit kapal feri yaitu KMP Sultan Muhrum II, yang merupakan kapal perintis rute Kamaru – Kaledupa – Tomia – Binongko dengan jadwal perjalanan empat kali seminggu.

Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu unit kapal feri di Kabupaten Wakatobi.
Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu unit kapal feri di Kabupaten Wakatobi. Foto: BPMI Setpres. (9/6/2022).

“Kita harapkan dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal ini, aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin mudah. Utamanya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako dan konektivitas antarpulau di Wakatobi diharapkan semakin baik,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Samadi menyampaikan, pembangunan pelabuhan penyeberangan serta kapal di Kabupaten Wakatobi ini adalah salah wujud bahwa negara hadir melalui pembangunan transportasi yang berparadigma Indonesia-sentris.

“Kita bangun infrastruktur transportasi tidak hanya terpusat di pulau Jawa saja, melainkan juga pembangunan di pulau kecil dan terluar agar konektivitas bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Keberadaan pelabuhan penyeberangan dan kapal feri ini diharapkan dapat mendukung Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang bisa menumbuhkan titik-titik ekonomi baru

“Kehadiran pelabuhan dan kapal ini sangat dinantikan masyarakat Wakatobi dan sekitarnya. Kami pastikan apa yang dibangun ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat di Wakatobi. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan para turis domestik dan mancanegara untuk menikmati keindahan alam yang ada di Wakatobi,” harapnya.

Baca Juga:  Pemkot Kendari dan Baubau Siapkan 2 Pakaian Adat untuk Dikenakan Jokowi pada HUT ke-77 RI

Untuk diketahui, dengan diresmikannya satu unit kapal, saat ini penyeberangan di pelabuhan Kabupaten Wakatobi dilayani oleh dua kapal yaitu KMP Bahteramas II dan KMP Sultan Murhum II.

Kedua kapal ini akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi pulang pergi (PP) dengan rute Kamaru – Wanci – Kaledupa – Tomia – Binongko.

Akan Diresmikan Presiden, Menhub Cek Kesiapan 3 Pelabuhan dan 1 Kapal di Wakatobi

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten