Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Cegah Peningkatan Kasus Stunting PT DSSP Power Kendari Latih Kader Posyandu

Cegah Peningkatan Kasus Stunting PT DSSP Power Kendari Latih Kader Posyandu
Suasana pelatihan kader posyandu oleh PT DSSP Power Kendari. Foto: Istimewa.

Moramo Utara – Menutup tahun 2023, PT DSSP Power Kendari melaksanakan program pelatihan kader posyandu untuk dua desa di Kecamatan Moramo Utara yakni Desa Tanjung Tiram dan Desa Wawatu pada tanggal 28 Desember 2023 di Ruang Pelatihan Site PT DSSP Power Kendari di Desa Tanjung Tiram.

Pelatihan yang dilakukan tersebut diperuntukkan kepada kader posyandu di dua desa agar dapat melakukan pencegahan, deteksi dini, dan juga pemulihan kasus stunting yang hingga kini masih ditemukan. Selain itu, perusahaan juga berharap agar para kader posyandu dapat menjadi pihak yang menyosialisasikan gaya hidup sehat kepada masyarakat.

Manager CSR, Government Relation, & Security PT DSSP Power Kendari, Risal Akbar mengatakan program ini terlaksana setelah tim PT DSSP Power Kendari melakukan sejumlah pemetaan terkait masalah stunting yang bekerja sama dengan pihak Puskesmas Lalowaru, pemerintah desa, dan pihak ketiga yang ahli di bidang kesehatan.

“Kami menemukan masih ada kasus stunting namun kami secara bersama-sama menjaga angkanya agar tidak naik, sambil memulai program pemulihan yang butuh waktu cukup lama. di lapangan kami secara rutin memberikan susu formula, PMT, dan juga buah-buahan segar kepada balita yg hadir ke posyandu desa” katanya.

Untuk itu, kata dia, perusahaan berinisiatif melakukan pelatihan kepada kader posyandu agar memiliki pengetahuan yang baik ketika berhadapan dengan masalah-masalah kesehatan yang ada di lapangan.

Baca Juga:  Siap-Siap, D'Masiv Bakal Manggung di Kendari pada Desember 2022 Mendatang

“Jadi tidak hanya stunting, kami juga menjadikan kader posyandu sebagai orang yang akan menyosialisasikan bagaimana cara hidup sehat ke masyarakat, karena mereka garda terdepan dan yang paling sering berhadapan langsung dengan masyarakat” tambahnya.

Selain memberikan pelatihan terkait stunting, PT DSSP Power Kendari juga menyerahkan beberapa alat kesehatan seperti dacin, timbangan digital, alat ukur tinggi badan, tensi meter digital, alat ukur kolestrol digital, serta test pack yang akan digunakan langsung di masing-masing posyandu serta dapat digunakan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Alat kesehatan yang kami serahkan adalah berdasarkan kebutuhan yg ada di masyarakat, dan kami berikan alat berbentuk digital agar mengurangi kesalahan pembacaan.” kata Risal.

PT DSSP Power Kendari, merupakan perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan PLTU dengan kapasitas 2 x 50 MW yang berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konsel, dimana saat ini PLTU tersebut merupakan tulang punggung dari sistem kelistrikan di Sulawesi Tenggara, yang mensuplai kebutuhan listrik wilayah Sulawesi Tenggara melalui jaringan interkoneksi 150 Kv sistem Sulawesi Tenggara – Sulawesi bagian Selatan.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten