Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

CSR PLTU Nii Tanasa Sasar Jalan Warga dan Sekolah di Desa Toli-Toli

CSR PLTU Nii Tanasa Sasar Jalan Warga dan Sekolah di Desa Toli-Toli
PLN UPDK Kendari saat melakukan pemantauan pengerjaan CSR Jalan Warga dan Sekolah di Desa Toli-Toli, Kecamatan Lalonggasumeto. Foto: Istimewa.

Konawe – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanasa menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Desa Toli-Toli, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe. Dana CSR tersebut menyasar pembangunan jalan desa setempat.

Penanggung Jawab CSR Pemerintah Desa Toli-Toli, Riskan mengungkapkan bantuan CSR berupa jalan desa tersebut sangat membantu masyarakat sekitar. Terutama warga yang rumah huniannya berada di dalam lorong kampung.

“Jalan tersebut sudah dibangun puluhan tahun untuk menjangkau masyarakat yang membangun rumah lebih ke arah gunung,” kata Riskan kepada Kendariinfo pada Selasa (31/5/2022).

Riskan menuturkan jalan yang dibangun menggunakan CSR PLTU Tanasa tersebut sepanjang 200 meter yang menjangkau dari jalan poros hingga sekolah.

“Alhamdulillah dengan bantuan jalan 200 meter ini sangat membantu akses keluar masuk masyarakat dan siswa-siswi yang bersekolah,” ujarnya.

Ia menjelaskan akses jalan yang dibangun tersebut mampu membantu mobilitas tidak kurang dari 9 kepala keluarga yang tinggal di sekitar jalan tersebut. Selain itu, ratusan siswa-siswi menggunakan jalan itu untuk akses ke sekolah.

Siswa-siswi sekolah di Desa Toli-Toli saat melintas di jalan bantuan CSR PLTU Nii Tanasa.
Siswa-siswi sekolah di Desa Toli-Toli saat melintas di jalan bantuan CSR PLTU Nii Tanasa. Foto: Istimewa.

“Sejak dibuka memang jalan ini tidak pernah tersentuh bantuan pembangunan. Padahal, jalan ini seharusnya jadi skala prioritas sejak dulu karena banyak yang gunakan,” ujarnya.

Riskan mengungkapkan untuk program CSR perusahaan pembangkit listrik tersebut dengan memanfaatkan sisa hasil proses pembakaran batu bara atau yang dikenal dengan Fly Ash Bottom Ash (FABA).

“Jalan ini dibangun sekaligus menyalurkan pemanfaatan FABA yang dikelola oleh PLTU Nii Tanasa. Kurang lebih 435 ton FABA yang digunakan untuk membangun jalan ini,” ujar dia.

Baca Juga:  Sultra Kebagian 20.400 Dosis Vaksin Covid-19

Bangun Sanggar Seni

Sementara, lanjut dia, dana CSR PLTU Tanasa juga menyasar sanggar seni sekolah. Fasilitas tersebut dibangun di MTs Hubbul Wathan Konawe diperuntukkan untuk siswa-siswi menggelar kegiatan-kegiatan sekolah.

“Sanggar seni kita bangun senyaman mungkin untuk para siswa agar bisa temanfaatkan dengan baik,” ujar dia.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Toli-Toli, Riskan menghanturkan terima kasih telah menyalurkan dana CSR guna pembangunan fasilitas sekolah dan masyarakat sekitar.

ADVERTISEMENT

“Masyarakat sangat senang dengan bantuan ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” beber dia.

Pejabat Pelaksana Lingkungan PLN UPDK Kendari, Musriyadi berharap agar bantuan jalan yang memanfaatkan FABA tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan baik.

“Harapannya dengan jalan desa yang memanfaatkan FABA ini bisa memberikan asas manfaat yang banyak, memberikan dampak positif mempermudah akses masyarakat desa,” ujarnya.

Penulis: ADN

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten