Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Konten Pilihan

Daftar 6 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi di Sultra

Daftar 6 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi di Sultra
Channel YouTube Kendariinfo. Foto: Aldi/Kendariinfo. (8/8/2021).

SultraYoutuber menjadi salah satu profesi yang banyak ditekuni berbagai kalangan. Di Sulawesi Tenggara (Sultra) sendiri, ternyata banyak yang memiliki channel YouTube dengan penghasilan tertinggi.

Selain berpenghasilan, mereka juga memiliki subscribers terbanyak di Sultra per hari Minggu (8/8/2021). Melalui YouTube, para konten kreator ini menyalurkan ide dan kreatifitas.

Profesi youtuber pun pada akhirnya bisa menjadi pekerjaan tetap yang menjanjikan. Agar lebih tahu seberapa besar penghasilan channel YouTube mereka per tahun, berikut daftarnya mengacu pada situs analisis Social Blade:

1. Daeng Lala ($28.5K – $455.7K)

Daeng Lala (menggunakan jaket) bersama crew-nya. Foto: Facebook/Daeng Lala.

Youtuber yang satu ini menyajikan konten seputar dunia air, memancing, menangkap ikan secara tradisional, perangkap ikan dan lainnya. Daeng Lala merupakan youtuber asal Baubau yang masuk dalam daftar urutan pertama dan bayaran tertinggi.

Tak hanya itu, tayangan di akun YouTubenya juga tembus dengan total 120 juta penonton. Ia telah memproduksi 650 video. Untuk membuat kontennya, ia tak sendiri melainkan bersama kerabat dan pemancing cilik.

Channel YouTubenya tercatat dapat meraup penghasilan hingga USD 28.500 – USD 455.700 atau Rp409 juta – Rp6,5 miliar per tahun.

2. Arindi Putry Konawe – ($6K – $96.3K)

Arindi Putry.
Arindi Putry. Foto: Instagram/@arindiputry_.

Pada urutan kedua youtuber dengan bayaran tertinggi adalah Arindi Putry. Ia merupakan pemain alat musik kibor sekaligus penyanyi.

Gadis ini berasal dari Konawe, hingga sekarang jumlah subscribers akun YouTube Arindi sudah mencapai 484 ribu. Total penonton YouTubenya telah mencapai lebih 45 juta tayangan.

Baca Juga:  Jalan Tim Free Fire Sultra Menuju Emas Papua

Popularitas Arindi mencuat sejak dirinya viral di media sosial karena kepiawaiannya dalam memainkan kibor, sehingga mendapat perhatian dari dua DJ ternama, yakni DJ Dipha Barus dan DJ Yelloclaw.

Selama satu tahun terakhir, proyeksi pendapatannya melalui YouTube mencapai kurang lebih USD 6.000 – USD 96.300 atau setara dengan Rp86 juta – Rp1,3 miliar.

3. AbaaaX – ($4.7K – $74.4K)

Muhammad Akbar Mustafa Bamba.
Muhammad Akbar Mustafa Bamba. Foto: Instagram/@dg.abaaax.

Remaja asal Kota Kendari bernama lengkap Muhammad Akbar Mustafa Bamba berhasil menjadi urutan ketiga dengan penghasilan terbesar. Meski subscribers-nya hanya 181 ribu, namun ia rajin membuat video setiap hari.

Dalam channel YouTubenya, Akbar membuat konten bermain gim Free Fire. Selama satu tahun terakhir ia bisa mengantongi penghasilan sekitar USD 4.700 – USD 74.400 atau setara dengan Rp67 juta sampai Rp1 miliar.

Dari kemampuannya bermain gim, Akbar juga pernah menorehkan prestasi dalam dunia esport (olahraga-el) khususnya pada gim Free Fire (FF) setelah sukses menembus kualifikasi dan akan mewakili Indonesia di Free Fire All Stars 2021: Asia Series.

4. INFO RAGAM PERTANIAN – ($3.7K – $59K)

Alauddin M J.
Alauddin M J. Foto: Facebook/Alauddin M J.

Alauddin M J menduduki peringkat keempat youtuber dengan bayaran tertinggi. Dengan subscribers sebanyak 493 ribu, Alauddin mendapatkan penghasilan sekitar USD 3.700 – USD 59.000 atau Rp53 juta – Rp852 juta per tahun. 

Youtuber asal Kolaka ini menampilkan tayangan berupa ragam informasi tentang tanaman seperti, tanaman sayuran, pengendalian hama, bertani organik dan lain sebagainya.

Dirinya bergabung dalam membuat akun YouTube pada 7 Oktober 2017. Total penonton YouTubenya saat ini mencapai lebih 44 juta tayangan.

Baca Juga:  Sapa Jokowi, Seorang Youtuber di Kendari Dihadiahi Jaket Bomber

5. FILDAN CHANNEL – ($2.6K – $41.8K)

Fildan Rahayu.
Fildan Rahayu. Foto: Instagram/@da4_fildan.

Siapa yang tidak mengenal Fildan Rahayu, seorang penyanyi dangdut asal Kota Baubau. Fildan terkenal berkat suara merdunya menyanyikan lagu India pada penampilannya di D’Academy 4 Indosiar 2017 lalu.

Meski jarang membuat video dalam akun YouTubenya, tapi dirinya tetap mendapat penghasilan dari YouTube. Salah satu videonya berjudul “TERE LIYE (COVER) FILDAN FEAT AUDREY BELLA” berhasil mencapai 2 juta penonton pada YouTube “FILDAN CHANNEL”.

Kini ia sudah memiliki jumlah subscribers kurang lebih mencapai 322 ribu dengan pendapatan satu tahun terakhir sekitar USD 2.600 – USD 41.800, setara dengan Rp37,5 juta hingga Rp603 juta.

6. Rhia Lestari – ($2.1K – $33.6K)

Rhia Lestari.
Rhia Lestari. Foto: Instagram/@rhialestariii.

Dan konten kreator yang terakhir dengan penghasilan teratas adalah Rhia Lestari. Lewat channel YouTubenya, dia menyuguhkan konten-konten musikalisasi puisi. 

Saat ini, Rhia mampu manggaet 536 ribu subscribers atau yang terbanyak di Sultra. Dalam YouTubenya sudah ada 286 video tentang cinta, ayah & ibu, baper (bawa perasaan) dan sedih.

Selama satu tahun terakhir ia mampu mengantongi penghasilan sekitar USD 2.100 – USD 33.600 atau setara dengan Rp30,3 juta sampai Rp485,3 juta per tahun.

Demikian lima penghasilan youtuber Sultra tertinggi. Sebagai informasi, penghasilan youtuber bersumber dari jumlah penonton, rutin membuat konten, waktu tayangan iklan, dan iklan yang diklik oleh penonton.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten