Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Dapat Sebabkan Kanker, BPOM Kendari Imbau Daging Kurban Tidak Dibungkus Kresek Plastik Hitam

Dapat Sebabkan Kanker, BPOM Kendari Imbau Daging Kurban Tidak Dibungkus Kresek Plastik Hitam
Kantor BPOM Kendari. Foto: Istimewa.

Kendari – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Kendari mengimbau agar pembagian daging kurban pada Iduladha 1445 hijriah tidak menggunakan kantong kresek plastik berwarna hitam.

Hal tersebut karena kresek berwarna hitam mengandung berbagai bahan kimia yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

Kepala BPOM Kendari, Riyanto, menyebut bahwa imbauan tersebut dilakukan karena kresek plastik hitam ini berasal dari daur ulang plastik.

Akibat dari daur ulang tersebut, membuat benda ini mengandung bahan kimia PVC yang bisa mengontaminasi daging atau berpindah ke daging. Kemudian, ketika daging dimasak, bahan kimia yang telah tercemar pada daging tersebut sudah tidak bisa larut.

“Kalau masuk ke dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama, dan akan terakumulasi di dalam tubuh, yang lambat laun dapat menimbulkan penyakit kanker,” katanya.

Dia menambahkan, apabila plastik yang sudah keseringan didaur ulang tersebut dapat juga menimbulkan bau yang menyengat sehingga membuat penggunanya tidak nyaman.

“Sebagai pengganti kantong kresek hitam, panitia kurban bisa menggunakan wadah tradisional seperti daun jati, dan daun pisang atau besek,” lanjutnya.

Baca Juga:  UHO dan BPOM Kendari Jalin MoU untuk Kembangkan Obat Tradisional

Namun, jika menginginkan penggunaan kemasan plastik dalam mengemas daging kurban, panitia harus memastikan kemasan tersebut memiliki standar aman makanan atau food grade.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten