Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Politik

Dapil Sultra 5, Perolehan Suara Istri Bupati Koltim Meroket

Dapil Sultra 5, Perolehan Suara Istri Bupati Koltim Meroket
Ketua DPD Partai NasDem Kolaka Timur, Hartini Aziz. Foto: Istimewa.

Kolaka Timur – Perolehan suara Hartini Aziz, istri Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Aziz, meroket di dapil Sulawesi Tenggara (Sultra) 5 pada pemilihan calon anggota legislatif (pilcaleg).

Data yang diperoleh Kendariinfo berdasarkan real count KPU, Senin (19/2/2024) pukul 17.00 Wita, Ketua DPD Partai NasDem Koltim itu masih menduduki peringkat pertama dengan peroleh 15.895 suara dengan persentase sebanyak 77,18 persen.

Caleg nomor urut 5 Partai NasDem Koltim itu berpeluang memecahkan rekor peraih suara terbanyak. Perolehan suaranya melejit mengalahkan 690 orang caleg lainnya yang berebut kursi DPRD Provinsi Sultra.

Hasil perolehan suaranya mengejutkan sejumlah pihak. Salah satu alasannya karena Hartini dikenal sebagai pendatang baru di dunia politik.

Torehan suara signifikan Hartini juga berpotensi besar mengantarkan partai bentukan Surya Paloh meraih dua kursi di dapil Sultra 5. Sejauh ini suara Partai Nasdem terbanyak di antara parpol lain di dapil Sultra 5.

Ketua KPU Sultra, Asril, mengungkapkan ada 45 kursi DPRD Provinsi Sultra yang diperebutkan calon anggota legislatif. Untuk dapil 5, ada 9 kursi yang diperebutkan oleh sekitar 200 lebih caleg di wilayah itu.

“Jumlah caleg yang mencalonkan diri di provinsi sebanyak 691 orang. Khusus dapil 5 ada sekitar 200 lebih,” ujarnya.

Baca Juga:  Fatih 19 MX Team Solar Balap Kendari, Tim yang Harumkan Nama Daerah hingga ke Nasional

Penetapan kursi tersebut sudah diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kota, Provinsi, dan DPR RI.

Khusus hasil akhir perolehan suara kursi DPRD Sultra, KPU sedang melakukan penginputan dan masih ada 22,82 persen suara yang belum masuk.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten