Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Dikmudora Kendari: Ada Tambahan Dana BOS Tahun Ini

Dikmudora Kendari: Ada Tambahan Dana BOS Tahun Ini
Kadis Dikmudora Kendari, Saemina. Foto: Dok. Prokopim Kota Kendari.

Kendari – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menyampaikan tahun 2023 ini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kota Kendari mendapat tambahan dari Pemerintah Pusat.

Hal tersebut disampaikan dalam workshop yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Dikmudora Kota Kendari, Saemina, di salah satu hotel Kota Kendari, Rabu (24/05/2023).

Saemina menjelaskan, pada tahun 2023 ini satuan pendidikan penerima dana BOS di Kota Kendari mengalami penambahan. Penambahan jumlah sekolah ini juga diikuti dengan bertambahnya anggaran yang dikelola.

“Ada penambahan satuan pendidikan, berarti secara otomatis nilai anggaran dana BOS untuk tahun ini akan meningkat yang digelontorkan oleh pemerintah pusat,” jelasnya.

Jenjang Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta di Kendari dari 123 sekolah pada 2022, menjadi 127 sekolah di tahun 2023. Tahun 2022 dana BOS yang dikelola SD sebanyak Rp30,5 miliar, menjadi Rp31,9 miliar di tahun 2023.

Hal serupa juga terjadi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta, dari 39 sekolah pada tahun 2022 bertambah satu sekolah di tahun 2023, sehingga total penerimaan di jenjang SMP menjadi 40 sekolah. Sedangkan dana yang dikelola dari Rp16,6 miliar di tahun 2022, menjadi Rp16,64 miliar pada tahun 2023.

Baca Juga:  Sekolah di Kendari Sudah Bisa Tatap Muka, Begini Mekanismenya

“Pengelolaan dana BOS dilakukan berdasarkan prinsip efisien, transparan, akuntabel, dan fleksibel,” tambahnya.

“Prinsip yang pertama kita harus kita ketahui yaitu harus fleksibel, artinya kita harus menyesuaikan dan sesuai apa yang sudah diprogramkan. Prinsip yang kedua harus efektif, dimana harus kita belanjakan dan sudah harus tertuang di dalam RPS kita, kemudian kita juga harus efisien, akuntabel dan transparan,” tutupnya.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten