Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Bisnis

Dinkes Kendari Imbau Peredaran Obat Sirop Dihentikan Sementara

Dinkes Kendari Imbau Peredaran Obat Sirop Dihentikan Sementara
Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (18/10/2022).

Kendari – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari mengimbau kepada fasilitas pelayanan kesehatan baik puskesmas, rumah sakit, hingga apotek agar menghentikan sementara penjualan obat cair atau sirop.

Hal tersebut sebagaimana arahan dari Kementerian Kesehatan yang mengeluarkan instruksi tentang penghentian sementara konsumsi obat sirop berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02./2/I/3305/2022, Rabu (19/10/2022).

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, saat ini pihaknya telah menindaklanjuti surat arahan tersebut dengan membuat surat edaran yang disampaikan kepada seluruh layanan kesehatan yang ada di Kota Kendari.

“Kita menghentikan sementara penjualan obat sirop, kalau bisa diganti kita usahakan dalam bentuk kaplet atau lainnya,” kata Rahminingrum, Kamis (20/10).

Arahan untuk menghentikan sementara peredaran obat dalam bentuk sirop ini usai kasus gagal ginjal kronis yang dialami anak-anak beberapa waktu belakangan, tetapi pihak Dinkes Kendari belum bisa menyimpulkan bahwa penyebab penyakit tersebut berasal dari obat sirop.

“Sambil menunggu kepastian, kami setop dahulu, sampai ada instruksi selanjutnya,” tambahnya.

Rahminingrum juga mengimbau masyarakat agar tidak panik meski situasi di daerah lain telah ada kasus gagal ginjal akut yang dipicu dari obat sirop tersebut.

“Untuk ibu-ibu, jika anaknya sakit jangan lagi mengobati diri sendiri, membeli obat secara bebas. Tapi pada saat anak sakit bawalah ke layanan kesehatan agar diberikan obat sesuai resep dokter,” pungkasnya.

Baca Juga:  Polwan Polres Kolut Ziarah ke Makam Pahlawan Jelang HUT ke-73

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu balasan terkait “Dinkes Kendari Imbau Peredaran Obat Sirop Dihentikan Sementara”

  1. ARYANTO

    Obat sirup ini memang perlu di hentikan karna sudah banyak korban yang mengalami keracunan dan alergi

    Balas
Bagikan Konten