Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Banner melayang aplikasi kendariinfo
Banner melayang aplikasi kendariinfo
Bombana

Dompet Dhuafa Sultra Kurban Ratusan Sapi di 8 Daerah, Kendari Dapat Jatah 99 Ekor

Dompet Dhuafa Sultra Kurban Ratusan Sapi di 8 Daerah, Kendari Dapat Jatah 99 Ekor
Proses pemotongan hewan kurban oleh Dompet Dhuafa di salah satu lokasi pelaksanaan kurban di Kota Kendari. Foto: Fito/Kendariinfo. (20/7/2021).

Kendari – Pada momen Iduladha 1442 Hijriah kali ini 99 ekor sapi akan dikurbankan oleh Yayasan Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara (Sultra) teruntuk masyarakat Kota Kendari, Selasa (20/7/2021).

ADVERTISEMENT
Asiabarucake

Pimpinan Yayasan Dompet Dhuafa Sultra, Amaluddin mengatakan, pendistribusian dari hasil pemotongan hewan kurban itu ditargetkan mencapai 5.000 keluarga.

“Ini penerimanya kita prioritaskan yang benar-benar membutuhkan, pendataannya dilakukan oleh sukarelawan-sukarelawan kita, itulah mengapa penyalurannya nanti sampai ke pelosok-pelosok,” ujarnya.

Tidak hanya di Kota Kendari, pemotongan hewan kurban oleh Lembaga Amil Zakat ini juga dilakukan di tujuh kabupaten/kota lainnya, yakni Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep), Buton Tengah (Buteng), Buton Utara (Butur), Muna, dan Bombana.

Sehingga total sapi yang akan dikurbankan mencapai 350 ekor sapi dengan target 18 ribu penerima.

Pria yang akrab disapa Amal itu menjelaskan, ratusan hewan kurban tersebut merupakan hasil donasi dilakukan menggunakan media sosial, serta adanya beberapa donatur tetap yang sejak beberapa tahun lalu memang sering berdonasi.

ADVERTISEMENT
PlazaInnKendari

“Sejak tahun 1994 memang ada donatur tetap kami. Memang setiap tahun mereka berkurban di Dompet Dhuafa, tapi ada juga donatur-donatur baru,” bebernya.

Untuk menghindari kerumunan, pihak panitia akan langsung mengantarkannya ke rumah-rumah warga yang telah terdaftar sebagai penerima.

“Sebelumnya itu sistem pembagiannya kita bagi kupon, tapi setelah adanya Surat Edaran Wali Kota Kendari tentang PPKM Mikro maka panitia yang bergerak membagikan ke rumah-rumah warga berdasarkan data yang sudah ada dan juga ini untuk menghindari agar tidak terjadi kerumunan,” terangnya.

Baca Juga:  7 Hari Galang Donasi, Sahabat Sedekah Kendari Salurkan Rp11 Juta untuk Palestina

Selain proses pendistribusiannya, jadwal pemotongan akan diatur selama tiga hari untuk menghindari kerumunan warga yang selalu terjadi setiap tahunnya.

“Mudah-mudahan juga di tahun depan antusias masyarakat bisa lebih lagi untuk berkurban. Karena salah satu nilai ibadah kita yang dihitung berdasarkan bulu hewan yang kurban tersebut dan ini salah satu amal yang terus mengalir,” harapnya.

Senada dengan itu, Ketua Panitia, Hasmin Roy Amin merincikan, di hari pertama lebaran ini selain Kota Kendari ada lima daerah yang melaksanakan pemotongan kurban, yakni Konawe 7 ekor sapi, Konsel 5 ekor sapi, Konkep 2 ekor sapi, Buteng 14 ekor sapi dan Butur 12 ekor sapi.

“Jumlah sapi di luar Kota Kendari belum seluruhnya, itu masih awal, nanti akan ada penambahan. Sementara dua daerah lainnya yakni Bombana dan Muna akan dilaksanakan di hari kedua dan ketiga lebaran karena persiapannya belum terlalu oke, kami takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kurangnya persiapan,” pungkasnya.

Lokasi pelaksanaan kurban oleh Dompet Dhuafa di Kota Kendari:

  1. Kelurahan Petoaha
  2. Watubangga
  3. Watubangga
  4. Watubangga
  5. Watubangga
  6. Watubangga
  7. Matabubu
  8. Mandonga
  9. Watubangga – Baruga Regency
  10. Mokoawu – BTN Boulevard
  11. Lalolara
  12. Lalolara
  13. Anduonohu Regency
  14. Mataiwoi
  15. Pulau Pandan Poasia
  16. Wowawanggu
  17. Tobuuha
  18. Punggolaka
  19. Watulondo – Puuwatu
  20. Anggoeya
  21. Alolama
  22. Perumnas Poasia
  23. Poasia – Pasar Anduonohu
  24. Punggaloba
  25. Benu-Benua
  26. Sanua
  27. Kampung Bugis – Tipulu
  28. Watubangga – Hombis
  29. Desa Tanea – Konsel
  30. Sindangkasi
  31. BPN Puuwatu
  32. Wua-Wua
  33. Watubangga – Alo Jaya
Baca Juga:  3 Pelaku Perjudian di Bombana Dibekuk Polisi, 2 Lainnya Melarikan Diri ke Laut

Laporan: Fito

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten