Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Kendari

Dugaan Gratifikasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor UHO Kendari Dilapor ke KPK

Dugaan Gratifikasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor UHO Kendari Dilapor ke KPK
Direktur AMIN Sultra, Muh. Andriansyah Husen saat melaporkan Rektor UHO ke KPK atas dugaan gratifikasi dalam penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri. Foto: Istimewa.

Kendari – Aliansi Masyarakat Indonesia Menggugat (AMIN) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaporkan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Muhammad Zamrun Firihu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (31/10/2022)

Rektor UHO dua periode itu dilapor atas dugaan gratifikasi dalam penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri.

Direktur AMIN Sultra, Muh. Andriansyah Husen menuturkan, pihaknya banyak menerima laporan dari mahasiswa bahwa saat penerimaan jalur mandiri ada dugaan pemufakatan jahat yang dilakukan oleh pimpinan kampus.

“Ada data nama mahasiswa titipan yang masuk ke UHO jalur mandiri,” tutur Andriansyah kepada Kendariinfo saat dihubungi via WhatsApp, Selasa (1/11).

Berdasarkan data yang dimilikinya. dia mengungkapkan bahwa para mahasiswa titipan ini berada hampir di semua fakultas. Akan tetapi, yang paling menjadi sorotan adalah Fakultas Kedokteran dan Farmasi.

“Ada banyak mahasiswa yang terdata. Tapi yang kami soroti Fakultas Kedokteran, Farmasi, dan beberapa fakultas lain,” ungkapnya.

Kendati demikian, Andriansyah belum dapat memastikan apakah dalam dugaan gratifikasi itu terjadi transaksional.

“Masih kami telusuri. Tapi jalur titipan sama sekali tidak dibenarkan,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, agar tidak ada lagi mahasiswa yang berkuliah di UHO menggunakan jalur titipan. Sebab cara-cara licik seperti itu, ia nilai sangat merugikan bagi mahasiswa yang mengikuti tes ujian dengan jujur tanpa ada backing-an.

“Harapannya agar tidak ada lagi mahasiswa masuk di UHO dengan jalur titipan, semuanya masuk murni karena tes kemampuannya. Adanya jalur titipan, mahasiswa yang tidak punya kenalan akan tergeser dengan yang gunakan jalur titipan,” harapnya.

Baca Juga:  Mahasiswi UHO yang Jadi Korban Pelecehan Seksual juga Melapor ke Rektor

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten