Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Konawe

Edukasi Warga Perangi Sampah, PT DSSP Power Kendari Lakukan Bersih-Bersih Pantai

Edukasi Warga Perangi Sampah, PT DSSP Power Kendari Lakukan Bersih-Bersih Pantai
Aksi bersih-bersih pantai yang diinisiasi oleh PT DSSP Power Kendari. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (10/6/2023).

Konawe SelatanPT DSSP Power Kendari menggelar aksi bersih-bersih pantai di Dusun Wawatu Pantai, Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Konawe Selatan (Konsel) dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia tahun 2023. Aksi bersih sampah tersebut dihadiri oleh management dan juga karyawan PT DSSP Power Kendari guna mengedukasi warga sekitar perihal permasalahan sampah.

Kegiatan Coastal Clean UP (CCU) atau bersih-bersih pantai ini dihadiri pula oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Tenggara (Sultra), Awaludin, Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Konsel, Kolins, Kepala Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan, AKBP Wisnu Wibowo, Komandan Koramil Moramo, Kapten Inf. Thamrin, Organisasi Mahasiswa Langkoe Diving Club, Sultra Island Care serta aparat desa dan masyarakat Desa Wawatu.

“Kami adalah satu dari dua perusahaan yang ditunjuk untuk mewakili Sultra. Tentunya ini menjadi sebuah kehormatan bagi kami, karena kami sejak awal beroperasi memang telah berkomitmen dalam pelestarian lingkungan melalui program DSSP Green Project,” ujar Direktur PT DSSP Power Kendari, Awi Kamaluddin, Sabtu (10/6/2023).

Selain melakukan aksi bersih pantai, PT DSSP Power Kendari juga mengedukasi masyarakat agar memerangi sampah, utamanya sampah plastik rumah tangga agar dapat memperbaiki kualitas lingkungan dan sekaligus dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar, terlebih karena Desa Wawatu adalah titik dermaga penyeberangan menuju pulau-pulau wisata.

Baca Juga:  Curah Hujan Tinggi, Jalan Poros di Konut Terendam Banjir Akibat Sungai Meluap

“Kami sekaligus mengedukasi masyarakat yang tinggal di Desa Wawatu bagaimana memilah sampah dan juga menjaga lingkungan mereka tetap bersih agar bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi ke tempat mereka,” tambahnya.

Di Desa Wawatu, PT DSSP Power Kendari melakukan pembersihan garis pantai sepanjang 535 meter yang sebagian di antaranya adalah pemukiman penduduk dan berhasil mengumpulkan 747 kg sampah dalam waktu 1 jam.

“PT DSSP Power Kendari sebagai inisiator berterima kasih untuk semua pihak yang terlibat, dari unsur TNI-Polri, pemerintah provinsi, kabupaten dan desa, organisasi mahasiswa LDC dan SIC serta masyarakat. Kami ingin memberi contoh kepada masyarakat sebagai motor penggerak awal dan semoga nantinya akan dapat terus berlanjut,” pungkasnya.

Sebagai informasi, program CCU adalah program yang diselenggarakan secara serentak oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan 68 perusahaan BUMN dan Swasta di 135 titik di seluruh Indonesia.

PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan Independent Power Producer (IPP) PLTU berkapasitas 2 x 50 MW yang berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konsel, yang menyuplai kebutuhan listrik di wilayah Sultra melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sulawesi Tenggara – Sulawesi Bagian Selatan.

Baca Juga:  Polisi Selidiki Mobil Ringsek Terparkir Depan Indekos Pria yang Ditemukan Tewas Berlumur Darah di Konsel

Sejak awal beroperasi PT DSSP Power Kendari telah melaksanakan sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus terhadap lingkungan melalui program DSSP Green Project seperti penanaman Mangrove, transplantasi terumbu karang dan pengelolaan Fly Ash dan Bottom Ash sebagai terumbu karang buatan, di mana komitmen tersebut dibuktikan dengan raihan penghargaan Proper Biru oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk periode penilaian tahun 2020 – 2021 dan 2021 – 2022.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten