Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Gubernur Sultra Beri Bantuan Dana ke 100 Penari Lumense

Gubernur Sultra Beri Bantuan Dana ke 100 Penari Lumense
100 penari Lumense dapat bantuan dana pembinaan dari Gubernur Sultra Ali Mazi. Foto: Frans Patadungan. (20/8/2022).

KendariGubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi memberikan bantuan dana pembinaan kepada 100 penari Lumense, Sabtu (20/8/2022) malam. Ali Mazi memberikan bantuan dana karena para penari telah menampilkan tari Lumense suku Moronene dari Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana pada hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka Rabu (17/8) dan event G20 di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (19/8).

Ali Mazi mengaku bangga atas terpilihnya Sultra sebagai salah satu provinsi yang menampilkan tarian tradisional pada puncak perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 RI yang digelar di Istana Merdeka.

“Sebagai Gubernur Provinsi Sultra, saya merasa bangga dan terhormat, bahwa tari Lumense yang indah itu, telah ditarikan dengan penuh semangat, dan bergairah oleh anak-anakku sekalian mulai dari Istana Merdeka sampai Bandara Internasional Soekarno Hatta menyambut peserta event internasional G20,” ujar Ali Mazi di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Sabtu (20/8).

Penerimaan dan penyambutan penari Lumense di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra.
Penerimaan dan penyambutan penari Lumense di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra. Foto: Frans Patadungan. (20/8/2022).

Dia mengatakan, tahu dan bisa merasakan kelelahan yang dihadapi oleh para penari. Oleh karena itu, Ali Mazi menghadiri kedatangan para penari di Kota Kendari untuk memberikan motivasi sekaligus morel bersama sejumlah pejabat di Sultra yang ikut dalam rombongan.

“Harus fokus menghadapi rintangan ini sebaik-baiknya dan di hadapan seluruh masyarakat Indonesia. Tentu tidak mudah melaksanakan tarian ini. Alhammdulillah, seluruhnya telah usai dan kita mendapat penghargaan yang tinggi dari semua pihak,” kata Ali Mazi saat memotivasi para penari.

Baca Juga:  2 Mobil di Kendari Terekam CCTV Disiram Air Keras oleh OTK

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya karena Sultra yang terpilih untuk mempersembahkan tarian tradisional di antara banyaknya tarian di Indonesia. Adapun tari yang terpilih se-Indonesia yakni tari Lumense dari Kabaena, Reog Ponorogo dari Jawa Timur, tarian asal Papua, dan tarian asal Nusa Tenggara Barat.

“Saya patut berbangga, dari sekian banyak daerah dan tarian yang ada, kita yang terpilih. Ini tidak mudah. Alhamdulillah, tari Lumense terpilih, kita mempersembahkannya pertama kali untuk Indonesia setelah pandemi,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu pula, Ali Mazi menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu berbagai kesiapan Sultra agar tarian Lumense sampai ke Istana Merdeka.

“Kepada Pj. Sekretaris Daerah Prov. Sultra, Kadis Pariwisata Prov. Sultra, Kadis Pariwisata Kabupaten Bombana, BUMD Prov. Sultra. Terkhusus pada para pelatih dan semua yang membantu, saya ucapkan banyak terima kasih,” pungkasnya.

Dalam pertemuan ini dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Sultra Asrun Lio, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Sultra, Belli Harli Tombili, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Prov. Sultra Pahri Yamsul, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Prov. Sultra Basiran Lazaidi, Kepala Dinas Perkebunan Prov. Sultra La Haruna, Direktur Bank Sultra Abdul Latif, Kepala Biro Adpim Prov. Sultra Rahmat Hasan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana Anisa Sri Prihati, para keluarga penari, pelatih, koreografer, dan pendamping.

Baca Juga:  HUT Sultra ke-58, Gubernur Ali Mazi Ziarah ke Makam Oputa Yi Koo
Penari Lumense bersama pejabat Sultra di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra.
Penari Lumense bersama pejabat Sultra di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur Sultra. Foto: Frans Patadungan. (20/8/2022).

Penulis
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten