Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Education

Hardiknas 2022, Duta Bahasa Sultra Mengabdi ke Wilayah 3T di Konawe

Hardiknas 2022, Duta Bahasa Sultra Mengabdi ke Wilayah 3T di Konawe
Suasana siswa saat permainan rangking satu, sebagai rangkaian kegiatan Duta Bahasa Mengabdi di SDN Asinua Utama. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (14/5/2022).

Konawe – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Duta Bahasa (Dubas) Sultra menggelar kegiatan “Duta Bahasa Mengabdi” kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) di kawasan tertinggal, terdepan, terluar (3T). Tim Dubas Sultra melaksanakan kegiatan di Desa Asinua, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, Sultra, sejak 12 hingga 14 Mei 2022.

ADVERTISEMENT
Investasi

Kegiatan inti melibatkan dua SDN yakni, SDN Asinua Utama dan SDN Lasao Jaya. Pada Kamis (12/5) Tim Dubas Sultra membawakan materi teks deskriptif. Selanjutnya, pada Jumat (13/5) Tim Dubas Sultra membawakan materi tentang mendongeng. Kemudian hari terakhir, Sabtu (14/5) mereka membawakan materi teks prosedur dengan kemasan menarik dan interaktif.

Penyuluh Dubas Sultra, Syamsar Obe mengatakan, kegiatan ini sebagai rangkaian dari Gerakan Literasi Nasional (GLN) juga bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022, yang diinisiasi oleh Badan Bahasa dan Perbukuan Republik Indonesia (RI).

Peserta Duta Bahasa Mengabdi dari SDN Asinua Utama.
Peserta Duta Bahasa Mengabdi dari SDN Asinua Utama. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (14/5/2022).

“Gerakan Literasi Nasional (GLN) ini mempunyai beberapa cakupan, salah satunya adalah literasi baca tulis, yang kemudian dilaksanakan langsung oleh Dubas sebagai perpanjangan tangan dari Kantor Bahasa di tiap daerah, tidak terkecuali di Sultra,” katanya.

Syamsar Obe menambahkan, pengabdian ini merupakan tindak lanjut dari Bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Sultra kepada Dubasnya sekitar dua bulan lalu.

“Setelah dilakukan Bimtek, Dubas Sultra akan mengimplementasikan hasilnya pada kegiatan Dubas Mengabdi. Tahun ini Dubas Mengabdi mengambil tiga lokasi yaitu, Kabupatan Konawe, Kabupaten Bombana, dan Kabupaten Konawe Kepulauan, di mana Tim Dubas Sultra telah menyelesaikan di Kabupaten Konawe,” tambahnya.

Baca Juga:  6 Orang Pasien di Kendari Diduga Terpapar Varian Omicron

Kantor Bahasa Sultra mengutus Dubasnya sebagai eksekutor karena dirasa cocok dengan sasaran kegiatan yaitu, siswa-siswi SD.

“Para Dubas sudah dilakukan pembimbingan, sehingga harusnya mampu menjadi ujung tombak dari kegiatan-kegiatan seperti ini,” tutupnya.

Peserta Duta Bahasa Mengabdi dari SDN Lasao Jaya.
Peserta Duta Bahasa Mengabdi dari SDN Lasao Jaya. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (14/5/2022).
Penyerahan tas dan alat tulis dari Kantor Bahasa Sultra yang diserahkan Duta Bahasa Sultra kepada perwakilan siswa.
Penyerahan tas dan alat tulis dari Kantor Bahasa Sultra yang diserahkan Duta Bahasa Sultra kepada perwakilan siswa. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (14/5/2022).
Siswa SDN Asinua Utama.
Siswa SDN Asinua Utama. Foto: Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (14/5/2022).

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten