Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

HUT Kota Kendari ke-191 Akan Dimeriahkan Tarian Kolosal dari Pelajar SMP

HUT Kota Kendari ke-191 Akan Dimeriahkan Tarian Kolosal dari Pelajar SMP
Ratusan pelajar siswa-siswi SMP se-Kota Kendari yang akan mempersembahkan tarian kolosal pada HUT Kota Kendari ke-191. Foto: Istimewa.

Kendari – Sebanyak 200 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Kendari akan mempersembahkan tarian kolosal untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke-191 pada 9 Mei 2022 mendatang.

Tarian kolosal ini mungusung judul “Tari Kendari Sukses” dengan tema “Keberagaman Untuk Kebersamaan Menuju Kota Kendari Sejahtera”.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Kendari sekaligus koordinator Tarian Kolosal pada HUT Kota Kendari ke-191, Abdul Wahid mengatakan, tarian ini diikuti oleh perwakilan siswa-siswi SMP di Kota Kendari sebanyak 10 orang tiap sekolah.

Ratusan pelajar siswa-siswi SMP se-Kota Kendari saat latihan untuk mempersembahkan tarian kolosal pada HUT Kota Kendari ke-191.
Ratusan pelajar siswa-siswi SMP se-Kota Kendari saat latihan untuk mempersembahkan tarian kolosal pada HUT Kota Kendari ke-191. Foto: Istimewa.

“Sebanyak 20 SMP di Kendari mengirimkan 10 wakilnya untuk ikut dalam tarian kolosal ini,” katanya kepada Kendariinfo, Sabtu (7/5).

Dia menuturkan, tarian kolosal “Kendari Sukses” merupakan gerak tari dari 4 etnik di Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Tolaki, Muna, Buton, dan Moronene.

“Dikemas dengan filosofi awal Kota Kendari sebagai kota perdagangan yang didatangi banyak suku bangsa lain. Sehingga diawali dengan penggambaran perahu di Teluk Kendari,” tuturnya.

Setiap perwakilan pelajar SMP telah melakukan latihan persiapan di sekolah masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan latihan gabungan di SMPN 9 Kendari.

“Latihan sudah dimulai sejak 2 minggu setelah Ramadan, para penari latihan di sekolah masing-masing lalu akan melakukan gladi bersih di Lapangan Benu-Benua yang nantinya menjadi tempat pembukaan Kendari Expo 2022,” imbuhnya.

Rencananya, penampilan tarian kolosal ini akan menjadi kegiatan tahunan setiap HUT Kota Kendari.

Baca Juga:  Muhammad Zamrun Firihu Resmi Dilantik Jadi Rektor UHO: Lanjutkan Pembangunan

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten