Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Event

HUT Sultra ke-58, Rangkaikan Tapak Tilas Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo

HUT Sultra ke-58, Rangkaikan Tapak Tilas Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo
Pamflet tapak tilas Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yii Koo. Foto: Istimewa.

Baubau – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal dirangkaikan dengan tapak tilas perjuangan pahlawan nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo.

Tapak tilas tersebut dilakukan sebagai informasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya pahlawan yang dulu telah berjuang mempertahankan Tanah Wolio dari penjajah.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada 22 – 28 Mei tersebut akan mengikutsertakan ratusan peserta yang sebelumnya telah mendaftarkan diri kepada panitia penyelenggara.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sultra, Rusdin Jaya saat dihubungi Kendariinfo mengatakan, agenda tapak tilas juga akan diikuti dari peserta luar daerah Sultra.

“Jadi ada 65 tim dari seluruh Indonesia, setiap timnya terdiri atas lima orang untuk menelusuri jalan-jalan yang pernah dilalui oleh Oputa Yi Koo,” ujarnya, Selasa (18/5/2022).

Rusdin menyebutkan, sekitar 10 posko yang akan dilewati oleh peserta, dengan total jarak tempuh sekitar 28 kilometer. Setiap posko tersebut terdapat tokoh masyarakat yang akan menjelaskan kepada peserta terkait informasi dari perjalanan pahlawan nasional tersebut.

“Jadi pada saat Oputa Yi Koo berperang, di titik-titik pos itu memang ada masyarakat melindungi beliau, misalkan di posko A, selama ia singgah di situ apa yang dilakukan oleh pahlawan tersebut, masyarakat bisa menjelaskan,” jelasnya.

Untuk sampai pada pos terakhir atau pada puncak Gunung Siotapina, diperkirakan akan menghabiskan waktu hingga tiga hari. Pihak penyelenggara pun telah mempersiapkan perlengkapan untuk memaksimalkan tapak tilas tersebut.

Baca Juga:  Pemprov Sultra Usung Tiga Ikon Baru, Salah Satunya Jembatan Buton-Muna

“Untuk tapak tilas ini, Pemkab Buton sudah menyiapkan beberapa fasilitas, seperti dapur umum, kemudian toilet umum,” katanya.

Sebagai informasi, Kota Baubau ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara puncak peringatan HUT Sultra ke-58 yang akan dirangkaikan dengan pameran ekonomi kreatif dan pariwisata. Selain itu, juga dirangkaikan dengan tapak tilas Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo) serta Anugerah Desa Wisata (ADWI) Tahun 2022.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten