Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Kadis Kesehatan Kendari Imbau Produsen untuk Teliti dalam Menjual Pangan

Kadis Kesehatan Kendari Imbau Produsen untuk Teliti dalam Menjual Pangan
Kadis Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum. Foto: Hasmin Ladiga/Kendariinfo. (14/11/2022).

Kendari – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengimbau kepada produsen untuk teliti dalam menjual pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat.

Hal itu dia sampaikan usai mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keamanan Pangan bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) Tingkat Kota Kendari, di salah satu hotel di Kendari, Senin (14/11/2022).

Rahminingrum mengatakan bahwa kesehatan produk dimulai dari produsen pangan karena merekalah yang pertama menentukan kebersihan dan keamanan pangan.

“Sehat juga dari awal sekali, pemilihan bahan bakunya, proses pengolahannya, proses penyajian atau packaging-nya dan hal itu dipegang oleh produsen,” katanya.

Selain itu, produsen juga wajib memperhatikan tanggal kedaluwarsa, nomor Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan item lain yang terkandung dalam pangan sebelum sampai ke masyarakat.

“Setelah memperoleh izin dan sudah ada produksi secara rutin, maka akan menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Kota Kendari bersama Balai POM Kota Kendari untuk turun mengawasi para pelaku UMKM,” tambahnya.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat harus lebih peduli dan perlu teliti untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi. Sebab lebih dari 90 persen penyakit pada manusia yang terkait makanan (foodborne disease) disebabkan oleh kontaminasi mikrobiologi.

“Masyarakat sekarang memang harus lebih aware dan lebih teliti saat memilih makanan, itu semua untuk kesehatan, lihatlah label halal, dan tanggal kedaluwarsa, bila perlu komposisinya,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kota Kendari Layani Vaksinasi Usia Remaja, Dinkes Kendari: Pelaksananya TNI - Polri

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten