Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Pemerintah

Kemensos Serahkan Dana Hibah Rp4,5 M ke Pemkot Kendari untuk Korban Kebakaran Puuwatu

Kemensos Serahkan Dana Hibah Rp4,5 M ke Pemkot Kendari untuk Korban Kebakaran Puuwatu
Penyerahan dana hibah dari Kemensos RI ke Pemkot Kendari untuk warga korban kebakaran di Puuwatu. Foto: Istimewa.

Kendari – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyerahkan dana hibah senilai Rp4,5 miliar guna pembangunan rumah korban kebakaran Puuwatu kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di Media Center Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Senin (5/12/2022) malam.

Nantinya, dana hibah yang diserahkan itu akan dialokasikan untuk pembangunan 26 unit rumah warga di Tempat Penampungan Akhir (TPA) Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terbakar pada 9 Juni 2022 lalu.

Ketua Pokja Pemanfaatan pada Direktorat Potensi dan Sumber Daya Sosial Kemensos, Rosida mengatakan, dana tersebut memang diperuntukkan bagi keadaan mendesak yang tidak diakomodasi di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Dana hibah yang diberikan merupakan dana dari Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) terhadap penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah (UGB) dan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB),” katanya.

Rosida menjelaskan, pihaknya mengelola hibah langsung dalam negeri, anggaran itu didapat dari dana UKS terhadap penyelenggaraan PUB dan UGB. Dana itu digunakan untuk pengembangan program-program yang tidak terakomodasi di dalam APBN seperti keadaan mendesak, contohnya di Kanjuruhan atau bencana-bencana.

Rosida berpesan kepada Pemkot Kendari agar bantuan ini dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik. Bahkan pihaknya juga akan mengawasi pengunaan bantuan tersebut.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu diwakili Asisten III Setda Kota Kendari, Makmur mengatakan, akan memanfaatkan bantuan itu dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan peruntukannya, yakni untuk pembangunan 26 unit rumah korban kebakaran di Puuwatu.

Baca Juga:  LBH Kendari Buka Suara Perkara Oknum Pengacara yang Terciduk Selingkuh dengan Mahasiswi Kesehatan

Usai menerima, dirinya akan segera melaporkan penerimaan tersebut kepada Pj. Wali Kota Kendari dan Sekda Kota Kendari agar bisa segera ditindaklanjuti dan dilakukan pembangunan rumah agar warga korban kebakaran bisa mendapatkan hunian layak.

“Pemberian bantuan sosial dari Kementerian Sosial kepada Pemerintah Kota Kendari akan segera kami sampaikan aja Pj. Wali Kota Kendari dan Sekda Kendari, agar mengetahui bahwa ada kucuran bantuan dana hibah sebesar Rp4,5 miliar di Kota Kendari sehingga nanti bisa dimanfaatkan dengan baik,” jelasnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten