Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

Kontingen IAIN Kendari Kenalkan Kasuami dan Sinonggi pada Festival Kuliner se-Indonesia di Gorontalo

Kontingen IAIN Kendari Kenalkan Kasuami dan Sinonggi pada Festival Kuliner se-Indonesia di Gorontalo
Kontingen IAIN Kendari saat memperkenalkan makanan khas Sultra di Gorontalo. Foto: Dok. Humas IAIN Kendari.

Kendari – Kontingen mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menyuguhkan sekaligus memperkenalkan makanan khas Sulawesi Tenggara (Sultra) yaitu kasuami dan sinonggi pada festival kuliner se-Indonesia yang berlangsung di Gorontalo, Kamis (25/5/2023).

Festival kuliner Nusantara tersebut menjadi rangkaian kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) XVI tahun 2023 yang dilaksanakan di Gorontalo, dan telah berlangsung sejak 22 Mei dan akan berakhir pada 27 Mei 2023.

Pembina Pendamping Racana Sangia Wekoila IAIN, Raehang mengatakan, makanan khas yang mewakili masyarakat daratan dan kepulauan Sultra ini diminati para pengunjung karena keunikan dan cita rasanya yang segar dan gurih.

”Sinonggi dan kasuami ini kami sajikan dengan menu pendamping ikan parende, sejenis masakan sop ikan segar yang diberi bumbu kunyit dan belimbing wuluh sehingga menggugah selera para pengunjung,” katanya.

Kontingen IAIN Kendari menyiapkan sekira 50 porsi untuk para pengunjung yang antusias mencicipi makanan khas daerah Bumi Anoa ini. Seluruh bahan baku menu makanan ini dibawa dari Kota Kendari kecuali ikan segar dibeli di wilayah Gorontalo. Hal ini untuk menjaga keaslian dari cita rasa khas hidangan tradisional tersebut.

Di Kota Kendari, kuliner sinonggi dan kasuami dapat ditemui di beberapa restoran lokal yang sering dikunjungi para wisatawan. Kedua makanan ini merupakan makanan favorit masyarakat setempat dan sangat digemari oleh para wisatawan.

Baca Juga:  Meriahkan Giat Soda Fest Bersama Kaesang di Kendari, Gratis dan Terbuka untuk Umum

Selain makanan pokok khas Sultra, Pramuka IAIN Kendari juga menyajikan camilan seperti kue baruasa dan kacang mete yang merupakan komoditas unggulan Sultra.

Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten