Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Terkini

KP3 Baubau Patungan Beli Tiket Demi Berangkatkan Ratusan Massa yang Ricuh di Pelabuhan Murhum

KP3 Baubau Patungan Beli Tiket Demi Berangkatkan Ratusan Massa yang Ricuh di Pelabuhan Murhum
Ratusan massa yang ribut di Pelabuhan Murhum Baubau. Foto: Istimewa. (23/11/2023).

Baubau – Aparat kepolisian dari Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Baubau patungan beli tiket demi memberangkatkan ratusan massa yang ricuh di Pelabuhan Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (23/11/2023).

Kapolsek KP3 Baubau, Iptu La Ode Walimu mengatakan, sebelum diberangkatkan, ratusan massa terlibat kericuhan dengan buruh yang ada di pelabuhan tersebut. Keributan terjadi karena mereka memaksa masuk ke dalam pelabuhan dan ngotot menumpangi kapal tanpa mengantongi tiket.

Saat itu, ada sejumlah buruh pelabuhan yang sedang beraktivitas dan ratusan massa itu dinilai menghalangi kerja-kerja buruh yang sedang bekerja mencari sesuap nasi. Akibatnya, aksi dorong-dorongan dan saling lempar pun tak terhindarkan.

Untuk melerai massa dan tidak terjadi keributan lebih yang berkepanjangan, lanjut La Ode, pihaknya bersepakat memberangkatkan ratusan massa dan seluruh biaya perjalanan atau tiket ditanggung oleh KP3 Baubau serta patung-patungan dengan instansi terkait lainnya.

“Bukan gratis tapi kami patungan antara pemerintah setempat dan otoritas pelabuhan dan lain-lain, daripada ricuh. Ada puluhan juta dana yang terkumpul untuk berangkat mereka,” paparnya.

Saat ini, massa yang mengatasnamakan diri sebagai Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dari berbagai kabupaten di Sultra itu telah diberangkatkan menggunakan KM Lambelu dan lepas landas dari Pelabuhan Murhum Baubau menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sementara itu, Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk mengatakan, pihaknya terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh wilayah hukum Polres Baubau. Ia berharap masyarakat dari luar Kota Baubau yang datang di wilayah tersebut tetap menjaga keamanan dan tidak membuat gerakan tambahan yang bisa mengganggu kamtibmas.

Baca Juga:  Buka Kongres XXXI HMI, Jokowi: Terlalu Banyak Kader HMI di Kabinet Indonesia Maju

“Iya, sudah diberangkatkan karena sudah sangat resah juga orang-orang di pelabuhan sama mereka. Semoga ini tidak terulang lagi,” pungkasnya.

Ratusan Massa yang Diberangkatkan KSOP, Tanpa Tiket Ricuh di Pelabuhan Murhum Baubau

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten