Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Buton

Kunjungi Buteng, Menkop-UKM Teten Masduki Ungkap Potensi Lobster Bisa Untung Rp1 Miliar

Kunjungi Buteng, Menkop-UKM Teten Masduki Ungkap Potensi Lobster Bisa Untung Rp1 Miliar
Menkop-UKM, Teten Masduki saat mengunjungi budidaya lobster di Kabupaten Buton Tengah didampingi oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. Foto: Istimewa.

Buton Tengah – Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Menkop-UKM), Teten Masduki mengungkapkan potensi ekonomi dari budidaya lobster di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa mencapai untung Rp1 miliar.

Informasi tersebut ia dapatkan saat melakukan kunjungan di Kabupaten Buteng, pada Sabtu (10/9/2022). Ia menyebutkan bahwa satu keramba lobster dengan ukuran tidak lebih dari delapan meter bisa untung Rp1 miliar dalam satu tahun. Dia juga melihat potensi lainnya dari ikan teri dan rumput laut di daerah tersebut.

“Saya melihat Buton Tengah memiliki potensi ekonomi yang bagus untuk dikembangkan menjadi unggulan daerah. Ada tiga komoditas laut bernilai ekonomi tinggi, yakni lobster, teri, dan rumput laut,” kata Teten dalam keterangan resminya.

Menkop-UKM, Teten Masduki saat mengunjungi budidaya teri di Kabupaten Buton Tengah didampingi oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.
Menkop-UKM, Teten Masduki saat mengunjungi budidaya teri di Kabupaten Buton Tengah didampingi oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. Foto: Istimewa.

Teten menambahkan bahwa selain potensi sumber daya laut, Buton Tengah juga memiliki daerah yang eksotis untuk pariwisata.

“Untuk mendukung ekosistem usaha, di sana sudah ada Koperasi Jasa Sentra Wisata Alam Nusantara (KOPISETARA) yang dapat dijadikan sebagai mitra dalam mengembangkan pariwisata alam yang berkelanjutan. Tinggal diaktivasi dengan kerja sama pemerintah daerah,” imbuh Teten.

Menurut Teten saat ini Indonesia perlu mencontoh negara lain seperti Selandia Baru dan Norwegia dalam pengembangan komoditas unggulannya.

“Kita harus mencontoh mereka karena fokus pada keunggulan domestiknya. Tapi juga harus didukung melalui riset dan inovasi karena Indonesia ini punya kondisi yang berbeda-beda dan harus disesuaikan,” tegasnya.

Baca Juga:  Perpustakaan Internasional di Kendari Ada WiFi Gratisnya

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi berharap kedatangan Menkop-UKM dapat memberi gairah bagi potensi daerah di Kabupaten Buteng. Dia juga mengaku sudah melirik berbagai komoditas untuk dikembangkan.

“Saya sudah keliling, ada tiga yang saya lirik. pertama teri, lalu budidaya lobster, dan juga rumput laut. Ini punya potensi besar untuk dikembangkan,” imbuhnya.

Editor
Editor Kata
Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten