Kendariinfo

Media Milenial Sultra

URL Berhasil Disalin
Event

Kwarda Pramuka Sultra Turut Ramaikan Peran Saka Nasional 2022 di Bangka Belitung

Kwarda Pramuka Sultra Turut Ramaikan Peran Saka Nasional 2022 di Bangka Belitung
Kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Sultra saat menikmati makanan pada festival budaya Nganggung di Desa Kemuja. Foto: istimewa.

Kendari – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Tenggara (Sultra) turut meramaikan Peran Satuan Karya Pramuka (Saka) Nasional 2022 yang kembali dilaksanakan setelah dua tahun tertunda akibat Covid-19

Peran Saka Nasional tahun ini bertempat di Bumi Perkemahan Depati Amir, Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan diikuti oleh 1.200 peserta yang berasal dari 31 provinsi se-Indonesia. Kwarda Gerakan Pramuka Sultra sendiri mengirim sebanyak 14 peserta.

Pimpinan Kontingen Putri Sultra, Yarwana mengatakan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama mengikuti Peran Saka Nasional di antaranya, kegiatan Saka Series berupa pameran interaktif lintas saka pramuka.

“Ada juga kegiatan lain seperti, kegiatan Saka Academy yang menyajikan pelatihan sertifikasi, pelatihan keterampilan, workshop, dan bimbingan teknis. Lalu ada kegiatan extraordinary class, pameran interaktif lembaga, institusi negara, dan perusahaan swasta,” kata Yarwana kepada Kendariinfo melalui pesan Whatsapp, Senin (10/10).

“Kemudian ada kegiatan wisata, kesenian, kebudayaan Bangka Belitung berupa wisata Kepulauan Bangka Belitung, festival kuliner nusantara, festival budaya Nganggung. Selain itu, terdapat kegiatan bakti seperti bakti pendidikan, bakti lingkungan, bakti sosial, serta kegiatan anggota dewasa yaitu sosialisasi jukran Saka dan forum bindamping,” sambungnya.

Baca Juga:  Usai Ditolak, Pengukuhan Dewan Kebudayaan Sultra Diundur

Yarwana membeberkan, di antara rangkaian kegiatan yang diselenggarakan tersebut, Festival Budaya Nganggung Nusantara 1000 menjadi kegiatan yang paling berkesan bagi dirinya.

“Kegiatan yang unik dan hal baru di mata saya yakni Festival Budaya Nganggung Nusantara 1000, di mana dalam kegiatan tersebut membawa makanan di dalam dulang yang ditutup tudung saji ke Desa Kemuja, untuk dimakan bersama seluruh anggota pramuka yang berasal dari Sabang sampai Merauke setelah pelaksanaan acara tahlilan atau doa bersama,” bebernya.

Ia menjelaskan, banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan Peran Saka Nasional 2022 khususnya bagi generasi muda, seperti keterampilan yang secara tidak langsung menjadi terasah dari kegiatan pramuka, mulai dari keterampilan fisik, keterampilan intelektual, keterampilan emosional, keterampilan sosial, dan menunjang kreativitas.

“Itu bukti nyata Pramuka bukan hanya di Sultra, tapi semua Pramuka Indonesia merasakan manfaat yang sama. Dengan kedatangan ke Pulau Bangka Belitung Kota 1000 senyum, orang–orang yang saya temui memiliki rasa toleransi tinggi. Mengikuti kegiatan tersebut juga memberikan pengalaman bagaimana kami merasakan budaya dan adat istiadat Pangkal Pinang, Bangka Belitung,” pungkasnya.

Tetap terhubung dengan kami:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten